Pertemuan Walikota Dunia, Gagasan Anies Baswedan Dikagumi Sekjen PBB Antonio Guterres

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pembicara pada pertemuan Walikota Dunia C40 yang juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Antonio Guterres, Jumat malam (16/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Anies yang berbicara dalam bahasa Inggris menjelaskan tugas pemerintah kota terhadap warganya. *video di bawah*

Menurut Anies, pemerintah kota memiliki tugas untuk menyediakan kehidupan yang layak bagi warganya. Hal ini termasuk menangani dampak perubahan iklim, dan berupaya keras untuk mengurangi emisi gas.

Sebuah kota bisa dibilang berhasil melakukan tugas tersebut setelah berkomitmen dan mengerahkan sumber daya dalam rencana aksi terkait perubahan iklim.

"Serta memetakan aksi dalam strategi transportasi, pembangunan, mempromosikan energi (terbarukan), dan banyak lagi yang lain," kata Anies dikutip dari akun Instagramnya.

Pada kesempatan tersebut, Anies menegaskan komitmen Jakarta dalam upaya mengatasi perubahan iklim. Salah satunya tercermin dalam tata transportasi yang mengedepankan mobilitas warga dan berkelanjutan.

"Dan di saat yang sama, kami juga melakukan perubahan dari pembangunan (transportasi) berorientasi mobil, menuju transportasi berbasis transit," imbuhnya.

Lebih jauh, Anies sebagai Wakil Ketua Forum C40 juga menyampaikan sejumlah permintaan kepada PBB. Anies menilai, PBB punya peran yang cukup penting dalam membantu kota-kota di dunia.

Pertama, kata Anies, PBB harus mendorong negara-negara untuk mengakui hasil kerja keras kota dalam kampanye perubahan iklim.

"Peran kota harus dikalkulasikan dalam kontribusi aksi perubahan iklim secara nasional," tegas Anies.

Kedua, kapasitas PBB memungkinkan untuk turut membina integrasi baik secara vertikal maupun horizontal terkait aksi perubahan iklim pada level kebijakan.

"Terakhir, PBB juga bisa membantu negara-negara untuk menyusun arsitektur yang komprehensif guna menerjemahkan keuntungan yang didapat pemerintah pada forum internasional, untuk dieksekusi pada tingkat lokal," demikian Anies Baswedan.

Menariknya, Sekjen PBB, Antonio Guterres sempat menginterupsi Anies usai memaparkan padangan selama sekitar 3 menit. Antonio Guterres mengaku sepakat dan mendukung sepenuhnya usulan yang diajukan oleh Gubernur Anies kepada PBB tersebut.

"Apabila saya boleh menanggapi... saya hanya ingin menyampaikan bahwa kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB di negara-negara untuk melakukan persis seperti yang anda usulkan kepada kami," kata Sekjen PBB Antonio Guterres menangapi paparan Anies Baswedan.

Pernyataan Sekjen PBB kepada Anies Baswedan ini sontak ditanggapi oleh David Miller yang menjadi moderator diskusi.

"Gubernur Baswedan, Anda telah berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapat waktu empat menit," ujar David Miller dengan tersenyum.

Yang dibalas oleh Anies Baswedan dengan ucapan terima kasih.

[VIDEO]
Baca juga :