Mobil Listrik Turki Meraih Penghargaan Desain Internasional

[PORTAL-ISLAM.ID]  Mobil listrik buatan Turki "TOGG" dinobatkan sebagai salah satu penghargaan desain paling bergengsi di dunia, kata Grup Inisiatif Otomotif Turki dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (18/4/2021).

"TOGG menjadi merek Turki pertama yang menerima penghargaan tersebut dan meraih kesuksesan yang signifikan dalam mobilitas dengan model C-SUV-nya di iF Design Awards 2021," bunyi pernyataan itu.

Tahun ini, hampir 10.000 produk dan proyek dari 52 negara berkompetisi dalam iF Design Awards yang sejak 1954 diterima sebagai simbol keunggulan desain di kancah internasional.

TOGG C-SUV, kendaraan listrik, menang dalam kategori Konsep Profesional.

"Kami menetapkan target desain dan spesifikasi teknis mobil kami berdasarkan wawasan pengguna," kata Gurcan Karakas, CEO grup.

Ia memuji perusahaan desainer ternama dunia, Murat Gunak, yang baru-baru ini bergabung dengan TOGG sebagai pemimpin gesign.

"Memahkotai desain asli kami dengan penghargaan yang sangat berharga, yang kami kembangkan terinspirasi oleh budaya kami dan terdaftar di 27 negara UE serta China, Jepang, dan Rusia sejauh ini, memotivasi kami untuk melakukan yang lebih baik."
TOGG sendiri adalah konsorsium yang dibuat tahun 2018. Setidaknya ada lima perusahaan, yakni Anadolu Group, BMC, Root Group, operator telepon seluler Turkcell dan Zorlu Holding yang berkolaborasi.

Pada tahun 2030, TOGG akan memproduksi dan memiliki hak kekayaan intelektual dan industri dari lima model kendaraan listrik yang berbeda di Turki: SUV, b-SUV, sedan, c-hatchback, dan b-MPV.