Kisah Ibnu Umar Mengikuti Jejak Nabi dan Meriwayatkan Hadis

[PORTAL-ISLAM.ID]  Abdullah bin Umar atau Ibnu Umar adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang banyak meriwayatkan hadis. Dia senantiasa mengikuti jejak nabi.

Sepanjang hidupnya Ibnu Umar meriwayatkan 2.630 hadis. Jumlah ini membuat Abdullah bin Umar menjadi periwayat hadis terbanyak kedua setelah Abu Hurairah.

Abdullah adalah putra Umar bin Khattab. Sejak kecil dia dekat dengan nilai keislaman. Pada usia 13 tahun, Abdullah bahkan memohon kepada ayahnya untuk bisa ikut dalam Perang Badar. Namun, Rasulullah menolaknya karena masih kecil.

Sejak kecil, Abdullah sangat mengidolai dan mencintai Rasulullah. Dia memperhatikan setiap tingkah laku Nabi Muhammad. Sampai-sampai, setiap gerak-gerik Nabi selalu diikutinya.

"Rasulullah pernah menunaikan salat di suatu tempat maka Ibnu Umar juga menunaikan salat di tempat yang sama. Suatu ketika, Rasulullah berdoa sambil berdiri, maka Ibnu Umar pun berdoa sambil berdiri," tulis Khalid Muhammad Khalid dalam bukunya, Biografi 60 Sahabat Rasulullah SAW.

Istri Rasulullah, Aisyah juga melihat kesungguhan Abdullah.

"Tidak seorang pun yang mengikuti jejak-jejak Nabi di tempat-tempat persinggahan beliau sebagaimana Ibnu Umar," kata Aisyah.

Dari kebiasaan memperhatikan dan mengikuti Nabi Muhammad inilah, tercipta banyak hadis yang diriwayatkan Ibnu Umar.

Abdullah meriwayatkan setiap hadis itu dengan hati-hati. Dia hanya meriwayatkan hadis dari Rasulullah jika dia benar-benar hafal setiap katanya.

Begitu pula dalam memberi fatwa. Abdullah hanya akan memberikan pendapat jika dia benar-benar mengetahui persoalan tersebut.

Abdullah bin Umar bahkan pernah menolak tawaran Khalifah Usman bin Affan lantaran takut tak bisa memutus perkara dengan baik sehingga menghalanginya ke surga.

Suatu waktu, Abdullah pernah bermimpi dan adiknya, Hafshah menceritakan mimpi itu kepada Rasulullah. Sang Baginda pun memberi tanggapan pada mimpi itu.

"Laki-laki terbaik adalah Abdullah andai ia rajin salat malam dan memperbanyaknya," sabda Rasulullah.

Ucapan Rasulullah itu membuat Abdullah tak pernah meninggalkan salat malam. Dia juga semakin tekun beribadah kepada Allah. Abdullah juga terkenal sebagai orang yang senang berbagi.

Abdullah bin Umar meninggal dunia pada usia 85 tahun pada tahun 73 Hijriah. Ibnu Umar kini dikenang melalui hadis-hadis yang banyak diriwayatkannya dan menjadi pegangan umat Islam.[cnn]