KABAR GEMBIRA DUNIA ISLAM...!! Turki Menjadi Tuan Rumah Perdamaian Afghanistan

[PORTAL-ISLAM.ID]  ANKARA - Turki pada Selasa mengumumkan bahwa konferensi internasional yang sangat ditunggu-tunggu tentang proses perdamaian Afghanistan akan diadakan di Istanbul dari 24 April hingga 4 Mei mendatang.

Konferensi tingkat tinggi antara perwakilan pemerintah Afghanistan dan Taliban diselenggarakan bersama oleh Turki, Qatar, dan PBB, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

“Para penyelenggara berkomitmen untuk mendukung Afghanistan yang berdaulat, merdeka dan bersatu,” bunyi pernyataan itu, Selasa (13/4/2021).

“Tujuan utama Konferensi Istanbul tentang Proses Perdamaian Afghanistan adalah untuk mempercepat dan melengkapi negosiasi intra-Afghanistan yang sedang berlangsung di Doha (Qatar) tentang penyelesaian masalah politik yang adil dan langgeng,” imbuh pernyataan itu.

Menurut pernyataan itu, para peserta dan agenda konferensi telah menjadi subjek konsultasi ekstensif dengan pihak-pihak Afghanistan.

“Konferensi akan fokus pada membantu pihak yang bernegosiasi mencapai seperangkat prinsip dasar bersama yang mencerminkan visi yang disepakati untuk Afghanistan di masa depan, peta jalan menuju penyelesaian politik di masa depan dan mengakhiri konflik,” bunyi pernyataan itu.

"Kami berharap konferensi ini akan memberikan kesempatan penting bagi semua pihak untuk menegaskan kembali dukungan bagi rakyat Afghanistan dalam perjalanan mereka menuju perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran yang inklusif," pungkas Kemlu Turki.

Sumber: Anadolu
Baca juga :