Habib Rizieq Tuding Bima Arya Bersaksi Bohong!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Jakarta - Hari ini (Rabu, 14/4/2021) digelar sidang Habib Rizieq terkaut kasus tes swab RS Ummi. 

Wali Kota Bogor Bima Arya dihadirkan jaksa sebagai salah satu saksi di persidangan. 

Dalam kesaksiannya, Bima Arya menyampaikan hal-hal yang menurut Habib Rizieq tidak benar.

Habib Rizieq sampai marah kepada Bima Arya dalam persidangan kasus tes swab RS Ummi. Habib Rizieq bahkan sempat bersitegang dengan jaksa penuntut umum.

Kemarahan Habib Rizieq itu berawal saat dia mencecar Bima Arya terkait berita acara pemeriksaan (BAP)-nya yang menyatakan eks pimpinan FPI itu berbohong. Habib Rizieq kemudian menuding Bima Arya memberikan kesaksian bohong.

"Saya minta dicatat, bahwa Wali Kota Bogor Bima Arya sekaligus Kepala Satgas COVID-19 di pengadilan yang mulia ini telah melakukan kebohongan di atas kebohongan. Terima kasih," kata Habib Rizieq dengan nada tinggi di PN Jaktim, Rabu (14/4/2021).

Jaksa penuntut umum kemudian menyela pernyataan Habib Rizieq itu. Habib Rizieq pun semakin marah.

"Cukup, jaksa penuntut umum. Ini hak saya bicara. Cukup," teriak Habib Rizieq sembari menunjuk-nunjuk JPU.

Bima Arya, yang duduk sebagai saksi, tampak mengangkat tangannya. Sementara Habib Rizieq masih terus berbicara dengan nada tinggi.

"Anda memidanakan. Pasien dipidanakan. Anda ini melakukan kriminalisasi pasien, kriminalisasi RS. Anda yang memidanakan. Jadi saya berhak membela diri karena saya yang akan dipenjara, bukan anda," kata Habib Rizieq lagi masih dengan nada tinggi.

Majelis hakim kemudian berusaha menenangkan.

"Saudara terdakwa sabar ya. Saksi sabar, penuntut umum sabar," kata hakim.

Namun Habib Rizieq masih terus marah dan menyebut Bima Arya berbohong.

"Beliau sudah disumpah untuk tidak berbohong. Sekarang saya membuktikan beliau berbohong. Itu hak saya penuntut umum," kata Habib Rizieq.

Hakim kemudian meminta Habib Rizieq menyudahi amarahnya lagi. Habib Rizieq pun lantas menuruti.

"Sabar," kata hakim.

"Ya baik majelis hakim. Saya cukup sampai di sini," timpal Habib Rizieq. 

Habib Rizieq: Bima Arya Lapor Polisi Sebelum Hasil Tes PCR Keluar

Habib Rizieq membantah pernyataan Wali Kota Bogor Bima Arya yang menyatakan dia dan Rumah Sakit Ummi tak mau menyampaikan hasil tes swab PCR. Menurut Habib Rizieq, dia melakukan tes PCR oleh tim medis Mer-C pada Jumat, 27 November 2020 dan baru menerima hasilnya pada Senin, 30 November 2020.

"Kalau Anda (Bima Arya) bersabar saja sampai hari Senin, Anda akan dapat datanya lengkap dari RS Ummi, jadi bukan RS Ummi yang melanggar aturan," kata Habib Rizieq dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu, 14 Maret 2021.

Habib Rizieq mengatakan tak mungkin memberikan data tes PCR ke Bima Arya jika belum keluar hasilnya. Namun menurut dia, Bima Arya justru melaporkan kasus ini ke polisi sebelum hasil tes tersebut keluar.

"Tanggal 26 dan 27 November Anda datang (ke Rumah Sakit Ummi Bogor), tanggal 28 November sudah lapor polisi, apa motivasinya?" ucap Habib Rizieq ke Bima Arya.

Sebelumnya, Bima Arya mengatakan RS Ummi Bogor melanggar aturan karena tidak memberikan laporan soal Rizieq Shihab ke Satgas Covid-19 Kota Bogor. Tindakan itu dinilai membuat Satgas kesulitan mencegah penularan virus Corona. "Bahkan ketika masih suspek pun harus dilaporkan, karena kami harus mendata setiap harinya," kata Bima Arya saat bersaksi dalam persidangan.

Habib Rizieq: Tim Tes PCR Utusan Bima Arya Yang Tak Datang-datang

Habib Rizieq Shihab mengatakan bahwa dirinya sudah bersedia melakukan tes swab PCR dari tim medis yang dikirimkan oleh Wali Kota Bogor sekaligus Ketua Satgas Covid-19 di kota itu, Bima Arya. Dia membantah bahwa menolak tes PCR dari Pemerintah Kota Bogor.

Namun menurut Habib Rizieq, tim medis utusan Bima Arya justru tidak datang ke Rumah Sakit Ummi Bogor sesuai dengan kesepakatan. "Ternyata tim yang Anda kirim tidak datang, dokter kami menunggu dari habis salat Jumat sampai pukul 14.00 lewat," kata Habib Rizieq saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu, 14 April 2021.

Karena itu, Habib Rizieq akhirnya memutuskan melakukan tes swab dari lembaga Mer-C. Setelahnya, Habib Rizieq menitipkan pesan kepada menantunya, Muhammad Hanif Al Attas yang ditujukan kepada tim medis utusan Bima Arya.

"Sampaikan saja kalau Abah sudah tes PCR, nanti kasihkan saja nomor kontak tim Mer-C biar nanti Satgas-nya bisa koordinasi dengan tim Mer-C," kata Habib Rizieq.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan Habib Rizieq Shihab tak berkenan menyampaikan hasil tes swab PCR yang dilakukan di RS Ummi, Bogor. 

(Sumber: Detik, Tempo)

[LIVE SIDANG HABIB RIZEQ SYIHAB, RABU 14 APRIL 21]