GAK HOAX GAK MAKAN

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali diserang dengan HOAX.

Kali ini terkait pembangunan Tugu Sepeda dengan menyebar hoax anggarannya pakai APBD.

Padahal itu dari pihak ketiga.

Pemerintah Provinsi DKI jakarta tengah membangun tugu sepeda di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur Riza Patria mengatakan pembangunan tugu tersebut menghabiskan dana Rp 800 juta.

"Anggarannya dari pihak kewajiban pihak swasta. Dari pihak ketiga," ucap Riza di Balai Kota pada Kamis, 8 April 2021.

Tugu tersebut berbentuk satu buah ban sepeda raksasa. Menurut Riza, pembangunan tugu itu masuk ke dalam proyek 11 jalur sepeda permanen yang akan dibangun di kawasan yang sama. Secara total, proyek pembangunan tugu dan jalur sepeda itu senilai Rp 28 miliar.

Riza mengatakan pembangunan tugu dan jalur sepeda permanen itu salah satu bentuk keberpihakan pemerintah terhadap pengguna sepeda. Ia berharap ke depannya sepeda dapat menjadi moda transportasi masyarakat, tidak hanya sekedar rekreasi dan olah raga.

Selain itu, Riza menyebut pembangunan tugu sepeda memberi kesempatan pada pelaku seni rupa untuk berkreasi dan berinovasi. "Ini sesuatu yang baik. Dan kami ingin mempercantik Ibu Kota," tutur dia.

Belakangan Pemerintah Provinsi DKI memang tengah getol mengampanyekan budaya menggunakan sepeda. Jumlah pesepeda meningkat pesat di masa pandemi Covid-19.

Sumber: Tempo