BREAKING NEWS: Kepingan KRI Naggala 402 Ditemukan

[PORTAL-ISLAM.ID]  BALI - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono baru saja menyampaikan konferensi pers terkait perkembangan Pencarian KRI Nanggala-402. 

Kepingan kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) itu ditemukan di sekitar perairan utara Bali.
 
"Pada hari yang lalu sampai hari ini telah ditemukan beberapa kepingan dan barang-barang yang berada di sekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut terlihat saat menyelam itu," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam konferensi pers di Lanud Ngurah Rai Bali, Sabtu, 24 April 2021.
 
Barang itu diyakini merupakan bagian atau komponen yang melekat pada KRI Nanggala-402. Menurut Yudo, kepingan itu tidak akan terangkat keluar kapal apabila tidak ada tekanan di luar.

"Atau telah terjadi keretakan sebelum meluncur torpedo," ujar Yudo.
 
Tim pencarian KRI Nanggala-402 juga menemukan barang bukti autentik lainnya yang terapung di sekitar perairan utara Bali. Yakni, tumpahan minyak, oli, pelurus tabung torpedo, minyak pelumas prescop, pembungkus pipa pendingin, dan spons penahan panas pada spetrum.
 
"Barang-barang ini tidak dimiliki oleh umum dan di sekitar radius 10 mil tidak ada kapal lain melintas. Saksi ahli mantan kru KRI Nanggala dan komunitas kapal selam meyakini bahwa ini barang-barang dari Nanggala," ungkap Yudo.
 
Tim masih terus mencari keberadaan KRI Nanggala-402. Dia berharap KRI Nanggala-402 segera ditemukan dan bisa langsung dievakuasi ke daratan. Dia juga berharap seluruh kru KRI Nanggala dalam keadaan selamat.
 
KRI Nanggala-402 hilang kontak saat latihan penembakan torpedo di perairan utara Bali pada Rabu, 21 April 2021. Kapal selam dengan 53 awak itu diduga berada di palung laut sedalam 600-700 meter.
  
[Video Konpers]