Gema Takbir Iringi Shalat Jumat Pertama di Tenda Masjid At Tabayyun TVM

[PORTAL-ISLAM.ID]  GEMA takbir berkumandang mengiringi pelaksanaan Salat Jumat perdana di Tenda Masjid At Tabayyun Taman Villa Meruya, Jakarta Barat, Jumat siang (23/4/2021).

“Allahu Akbar, Allahu Akbar,” takbir itu memuji kebesaran Allah SWT sebagai luapan kegembiraan jamaah.

Itulah memang salat Jumat pertama yang dilaksanakan warga Muslim di TVM sejak komplek perumahan itu berdiri lebih 25 tahun lalu.

Imam dan Khatib Salat Jumat, KH Abdul Hakim, warga Meruya, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Barat.

Sedangkan Muazin pertama yang mengumandangkan adzan Salat Jumat adalah Ustaz Saepul, karyawan Bamed Meruya. Salat Jumat juga dihadiri oleh Tim dari Kementerian Agama Pusat dipimpin Firdaus yang ditugaskan memantau Tenda Masjid.

Takbir Jumat siang, mengulang takbir yang sama saat pelaksanaan Salat Taraweh pertama Senin (12/4/2021) malam. Muazin yang mengumandangkan adzan pertama pada saat Salat Taraweh itu adalah Pandi, petugas sekuriti TVM. Imam Salat Taraweh dan kultum oleh Ustaz Sanwani dari Kantor Urusan Agama (KUA), Jakarta Barat.

Tambah Karpet

Jumlah jamaah Salat Jumat kemarin melebihi kapasitas Tenda Masjid yang memang sudah dibatasi hanya boleh diisi 50 persen. Untuk menampung jamaah lainnya, Panitia Masjid At Tabayyun, menggelar karpet di luar tenda. Protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat.

Tiga sisi tenda dibuka atau digulung, hingga menciptakan pemandangan dan suasana seperti tenda-tenda  di Padang Arafah.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun, Marah Sakti Siregar, menyambut gembira antusiasme warga mengikuti Salat Jumat. Ia mengumumkan mulai hari itu Salat Jumat akan rutin diselenggarakan. Selain Salat Taraweh dan salat Fardhu, warga juga dipersilahkan memanfaatkan Tenda Masjid untuk kegiatan sosial keagamaan. Seperti kuliah subuh tiap hari Minggu, dan lain sebagainya.

Kegiatan warga Sabtu (24/4) sore ini menjelang Maghrib di Tenda At Tabayyun adalah mendengarkan kuliah agama (kultum). Pada momen itu tokoh masyarakat TVM, Suhanto Sastrosudarmo, akan menyerahkan santunan kepada seluruh anggota sekuriti dan tim kebersihan komplek. [RMOL]