Anies Tak Terbendung Jadi Presiden

[PORTAL-ISLAM.ID]  Anies Baswedan memang bukan kaleng-kaleng. Cerdas dan punya kapasitas. Berisi. Bahkan di level internasional namanya berkibar.

Sampai-sampai Sekjen PBB dibuat terpukau. Padahal hanya diberi waktu 2 menit untuk memaparkan visinya.

Media pun ramai memberitakannya.

Pidato 2 Menit Anies Baswedan Bikin Sekjen PBB Terpukau

Hanya 2 Menit, Anies Berhasil Pengaruhi Sekjen PBB untuk Setujui Usulan terkait Dukungan Aksi Iklim

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti dialog secara virtual bersama Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gutteres dan pimpinan C40 pada Jumat (16/4/2021) malam. Dialog yang membahas dampak perubahan iklim ini diikuti Ketua C40 dan asosiasi kota besar dunia.

Dalam paparannya selama kurang lebih dua menit di hadapan Sekjen PBB dan pimpinan kota-kota besar dunia, Anies Baswedan mampu meyakinkan Sekjen PBB Antonio Gutteres atas usulan DKI Jakarta dalam program mengatasi dampak perubahan iklim dan upaya dalam pengurangan emisi karbon.

Dalam paparannya (dengan bahasa internasional Inggris, tanpa baca teks), Anies mengusulkan agar PBB mengambil peran lebih yang besar untuk membantu kota-kota di dunia, dalam 3 aspek.

Usulan Anies tersebut langsung ditanggapi Sekjen PBB Antonio Gutteres, dan memberikan respon positif atas usulan tersebut.

"Kami sepenuhnya mendukung usulan Anda dan siap melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB dari berbagai negara untuk sepenuhnya melalui advokasi dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang Anda usulkan kepada kami," kata Gutteres.

Mendengar interupsi yang disampaikan Sekjen PBB, moderator dialog David Miller yang juga Director of International Diplomacy for C40 Cities, mengapresiasi usulan Anies yang langsung disetujui PBB.

"Gubernur Baswedan, Anda berhasil mempengaruhi PBB hanya dalam waktu dua menit, bayangkan apabila Anda mendapatkan waktu empat menit," ujar Miller disambut ucapan terima kasih Anies.

SUDAH SAATNYA negara besar seperti Indonesia ini dipimpin oleh seorang yang punya kapasitas seperti Anies Baswedan.