Survei: Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Anies Pilihan Pertama

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Jika pemilihan presiden (Pilpres) digelar hari ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menjadi pilihan pertama yang paling diminati oleh anak-anak muda.

Demikian hasil survey Lembaga Indikator Politik Indonesia yang dirilis Minggu (21/3/2021).

Dalam rilis yang dilaksanakan secara daring, Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa Anies Baswedan dan Ganjar berada di peringkat dua teratas.

Anies memperoleh 15,2%, unggul tipis atas Ganjar di angka 13,7%.

"Tapi masih lebih banyak anak muda yang belum memilih nama jika pemilu presiden dilaksanakan sekarang. Karena yang tidak jawab itu 30,5%," kata Burhanuddin Muhtadi.

Di tempat ketiga adalah Ridwan Kami yang merupakan gubernur Jawa Barat di angka 10,2%.

Di tempat keempat adalah Sandiaga Uno dengan 9,8%, diikuti Prabowo Subianto di angka 9,5%.

Putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono berikutnya dnegan 4,1%, lalu Erick Thohir (1,5%), Tito Karnavian (1,2), Puan Maharani (1,1%), dan Gatot Nurmantyo (0,8%).

Indikator Politik Indonesia melakukan survei ini pada 4-10 Maret 2021 kepada 1.200 responden berusia 17-21 tahun. Dengan situasi pandemi Covid-19, survei dilakukan melalui wawancara telepon.

Responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Indikator Politik Indonesia menggunakan metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.[]