Kapolri Keberatan Jika Ada yang Kaitkan Agama Islam dengan Terorisme

[PORTAL-ISLAM.ID] NIH... bagi para buzzeRp yang suka mengkaitkan TERORISME dengan agama Islam... seperti kejadian Bom di depan Gereja Katedral di Makassar pagi tadi, Minggu (28/3/2021).

Di awal menjabat, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menegaskan untuk tidak mengaitkan Terorisme dengan agama terutama Islam yang kerap difitnah.  

Kapolri Keberatan Jika Ada yang Kaitkan Agama Islam dengan Terorisme

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keberatan agama Islam kerap dikaitkan dengan berbagai aksi tindak pidana terorisme. Eks Kabareskrim itu memastikan stigma tersebut tidaklah benar.

Demikian disampaikan oleh Jenderal Listyo saat bersilahturahmi dengan sejumlah pengurus PP Muhammadiyah di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2021).

"Jadi saya sampaikan bahwa dari kemarin bahwa tidak ada agama manapun yang mengajarkan mengenai hal-hal yang sifatnya seperti terorisme dan intoleransi," kata Listyo.

Dijelaskan Listyo, tidak ada satupun agama yang mengajarkan tindakan kekerasan dan aksi terorisme. Termasuk, kata dia, agama Islam yang mengajarkan mengenai kasih sayang antara sesama umat manusia.

"Karena semua agama mengajari kasih sayang khususnya muslim yang kita semua diajarkan untuk memahami tentang rahmatan lil alamin. Itu sudah jelas kalau ada hal-hal yang seperti itu itu tentunya itu adalah ajaran yang tidak tahu dari mana dan kita harus hadapi," ungkapnya.

Di sisi lain, ia menambahkan pihaknya juga akan meningkatkan upaya pencegahan penyebaran ajaran radikalisme di masyarakat. Jika ada yang terlanjur tersesat, Polri akan mengupayakan pendekatan perbaikan agar pelaku kembali ke jalan yang benar.

"Kalau ada saudara-saudara kita yang tersesat dengan hal tersebut. Makanya itu nanti saya sampaikan itu bagaimana kita mencegah dan memperbaiki dengan upaya moderasi dan itu sudah jelas. Kecuali itu sudah melakukan terlalu jauh dan melakukan tindak pidana itu kita akan proses," pungkasnya.

Baca juga :