Komnas HAM Hanya Sebuah Topeng

Komnas HAM itu apa???

Komnas HAM didirikan hanya untuk memperlihatkan bahwa suatu negara ada kepedulian atas setiap pelanggaran HAM. 

Hanya peduli, tapi tidak wajib menindaklanjuti hasil investigasinya. 

Beberapa hasil temuan Komnas HAM yang menuliskan pelanggaran aparatur negara pada rakyat, hanya berakhir di meja tanpa pernah dibuka. 

Komnas HAM sendiri seperti tidak peduli, apakah temuannya akan ditindaklanjuti atau tidak. Yang mereka tau, tugas dan wewenang mereka telah terlaksanakan, tanpa harus tau lagi bagaimana kelanjutan. Karena wewenang tersebut, bukan lagi di mereka. 

Jika dikatakan kerja, mereka benar bekerja. Namun saat kerja meminta aspirasi dijawab dan mendapatkan keadilan, Komnas HAM hanya jadi patung tugu pancoran yang menunjuk ke penguasa. 

Jika seperti ini terus progresnya, buat apa ada Komnas HAM? Karena selama ini kehadirannya tidak mampu mendesak pemerintah untuk menaati hasil temuannya. 

Padahal, mereka bisa intervensi pemerintah dengan meminta bantuan HAM Dunia. Dimana negara-negara international sangat konsen atas setiap pelanggaran HAM yang terjadi di suatu negara. 

Jika Komnas HAM berniat, mereka bisa meminta bantuan PBB untuk ikut menekan pemerintah agar menindaklanjuti temuan Komnas HAM. Sayangnya, Komnas Ham kita hanya sebuah topeng yang dirikan untuk memperlihatkan kepedulian, tapi tidak wajib untuk memberikan tekanan.

(By Setiawan Budi)