Kasihan Buzzer & Haters... Baru Kemarin Dapat Penghargaan Internasional, Gubernur Anies Dapat Lagi Penghargaan Internasional

[PORTAL-ISLAM.ID]  Hujatan dan kritik pedas dari para pendengung (buzzer) maupun pembenci (haters) tak menghentikan prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di tengah derasnya cacian, Anies kembali menorehkan prestasi.

Jakarta Kota Pertama di Asia Tenggara Juarai Sustainable Transport Award

Di bawah payung JakLingko, Jakarta berhasil menuai prestasi pada bidang transportasi di tingkat internasional. Jakarta berhasil menjuarai Sustainable Transport Award (STA) 2021 dan menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan penghargaan tersebut. Hal ini berkat program integrasi antarmoda transportasi publik yang dinilai sangat baik dan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi masyarakat Jakarta.

Penghargaan diberikan secara virtual tadi malam, Kamis (25/2/2021) pukul 19.00 WIB, yang disiarkan pada kanal Youtube ITDP (https://youtu.be/zXCk0x-QbSM) dan situs STAward.org (https://staward.org/2021-sustainable-transport-award-ceremony/).

Acara tersebut juga akan disiarkan pada kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada Jumat (26/2/2021) pukul 10.00 WIB.

Sustainable Transport Award sekaligus menjadi bentuk perayaan terhadap dua kota yang berkomitmen pada kemudahan bertransportasi, yakni kota Jakarta, Indonesia sebagai pemenang Sustainable Transport Award (STA) 2021 dan kota Lviv, Ukraina sebagai penerima Honorable Mention. 

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengucapkan kebanggaan terhadap Jakarta dan komitmennya untuk terus mengupayakan sistem transportasi berkelanjutan yang tujuan akhirnya adalah kenyamanan warga.

"Alhamdulillah, Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Saya turut berbangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi. Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin," ujar Anies dalam keterangannya, Kamis (25/2/2021).

Jakarta memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota-kota besar dunia, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo. Pada tahun lalu, Jakarta menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar 'Honorable Mention'.

Sustainable Transport Award merupakan ajang penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota yang telah menunjukkan komitmen, kemauan politik, serta visi dalam bidang transportasi berkelanjutan dan pembangunan perkotaan. 

Sumber: Beritasatu

***

Sebelumnya, pada awal Februari kemarin Gubernur Anies Baswedan baru saja meraih penghargaan internasional masuk menjadi salah satu Pahlawan dalam Daftar 21 Heroes 2021, Sejajar dengan Elon Musk.

Anies Masuk Daftar 21 Heroes 2021, Sejajar dengan Elon Musk

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam jajaran 21 Heroes 2021 pilihan lembaga Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Dengan masuk dalam jajaran tersebut, Anies sejajar dengan sejumlah tokoh dunia, termasuk pendiri Tesla dan Space X, Elon Musk. TUMI sendiri adalah lembaga nirlaba asal Jerman yang mendorong inisiatif kebijakan transportasi urban berkelanjutan di seluruh dunia.

Dari rilis yang diakses CNNIndonesia.com, Jumat (5/2/2021), Anies masuk deretan 21 Heroes 2021 TUMI karena keberhasilannya memperbaiki transportasi kota Jakarta di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Menurut TUMI, sejumlah pencapaian Anies adalah dengan membuat jalur sepeda sepanjang 63 kilometer, hingga menciptakan integrasi antarmoda.

"Kota ini (Jakarta) bertujuan menciptakan transportasi yang adil, terjangkau, dan inklusif bagi semua kalangan," demikian menurut penjelasan TUMI dalam keterangannya.

TUMI juga mengapresiasi langkah Anies meluncurkan bus listrik sebagai salah satu upaya mengurangi polusi udara di Jakarta.

Selain itu, TUMI menyebut, salah satu keberhasilan Anies dalam mentransformasi sistem transportasi Jakarta adalah dengan merenovasi stasiun KRL dan MRT untuk diintegrasikan dengan moda transportasi lain.

Daftar tokoh dunia yang masuk dalam 21 Heroes 2021 itu dianggap berhasil dalam mentransformasi sistem transportasi, meski dunia dilanda pandemi Covid-19.

Sumber: CNNIndonesia