Emir Qatar Hibahkan Dana 360 Juta Dolar untuk Gaza

[PORTAL-ISLAM.ID] DOHA - Emir Qatar, Syeikh Tamim bin Hamad Al Thani, pada hari Ahad (31/01/2021), menyerahakan dana hibah ke Jalur Gaza sebesar 360 juta dollar AS atau sebesar satu juta dollar setiap hari. Dana hibah tersebut akan dicairkan selama setahun penuh mulai awal tahun ini.

“Hibah ini sebagai bentuk dukungan Negara Qatar untuk saudara-saudara Palestina yang terkepung di Gaza,” sebut kantor berita Qatar.

Kantor berita Qatar menjelaskan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk membayar gaji karyawan, memberikan bantuan keuangan kepada keluarga yang membutuhkan, dan mengoperasikan pembangkit listrik. Dana hibah akan digunakan secara penuh untuk mengurangi dampak memburuknya situasi kemanusiaan dan kondisi kehidupan yang sulit di Jalur Gaza.

Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, mengatakan bahwa dana hibah Qatar yang akan digunakan untuk meredakan dampak pengepungan Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza, membuktikan kuatnya dukungan dan hubungan rakyat Palestina dan Qatar.

Haniyeh mengucapkan terima kasih kepada Emir Qatar atas berkah persaudaraan ini dan atas peran dukungan terhadap rakyat Palestina di berbagai tempat dalam meningkatkan kondisi kehidupan mereka.

(Sumber: SuaraPalestina)