Abu Janda Tidak Ditahan, Kamis Akan Diperiksa Lagi Terkait Kasus Dugaan Rasis ke Natalius Pigai

[PORTAL-ISLAM.ID] Hari Senin (1/2) kemarin, Permadi Arya alias Abu Janda sudah diperiksa oleh Bareskrim Polri terkait cuitannya yang menyatakan 'Islam arogan'. 

Meski telah diperiksa selama 12 jam, Abu Janda tidak langsung ditahan oleh penyidik. Pasalnya, dia diagendakan bakal diperiksa kembali pada Kamis (4/1/2021).

Permadi Arya alias Abu Janda mengaku akan kembali diperiksa terkait pelaporan atas cuitannya di Twitter yang diduga berisi ujaran rasisme kepada Natalius Pigai. Permadi mengatakan dia saat ini masih berstatus sebagai saksi.

"Intinya aku pengin bilang, nggak ada warga negara yang spesial, intinya semua diperiksa. Hari ini saya masih diperiksa sebagai saksi. Polisi sudah profesional dengan pertimbangan-pertimbangan mereka. Mereka lebih tahu teknisnya. Hari ini saya masih menjadi saksi, dan proses masih berlanjut untuk pemeriksaan selanjutnya Kamis," ujar Abu Janda kepada wartawan di Gedung Awaloedin Djamin, Bareskrim Polri, Senin (1/2/2021).

"Iya (cuitan kepada Natalius Pigai)," sambungnya.

Meski begitu, Abu Janda mengaku siap untuk menjalani serangkaian proses pemeriksaan kasus tersebut. Abu Janda menyebut dirinya siap bertanggung jawab meskipun semua itu hanya kesalahpahaman.

Terlebih, Abu Janda juga mengaku sudah mempersiapkan baju ganti dalam tas yang ia bawa apabila hari ini harus ditahan setelah menjalani pemeriksaan. Namun ternyata Abu Janda masih menjalani pemeriksaan Kamis nanti.

"Saya siap menjalani, siap bertanggung jawab, meskipun itu, menurut saya, adalah kesalahpahaman. Tapi saya siap tanggung risikonya. Saya siap apa pun yang terjadi. Saya siap ditahan. Saya sih mempersiapkan (ransel berisi pakaian ganti) itu hari ini. Ternyata saya masih diperiksa sebagai saksi dan masih ada pemeriksaan lanjutan hari Kamis," ucapnya.