Waketum MUI: Abu Janda Merendahkan Islam

[PORTAL-ISLAM.ID]  Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas menilai Permadi Arya alias Abu Janda telah merendahkan umat Islam dengan sejumlah cuitannya. Anwar Abbas menunggu kerja Polri menangani laporan terhadap Abu Janda.

"Menurut saya, Abu Janda ini sudah terlalu banyak mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menurut saya telah banyak meresahkan masyarakat karena merendahkan agama Islam serta para ulama serta umatnya," kata Anwar Abbas kepada wartawan, Jumat (29/1/2021), seperti dilansir detikcom.

Pengurus PP Muhammadiyah ini menyebut kiprah Abu Janda justru merusak citra pemerintah di mata umat.

"Saya melihat peran yang bersangkutan di dalam merusak citra pemerintah, terutama citra Presiden Jokowi dan citra kepolisian di mata umat sangat besar. Karena umat-umat dan masyarakat di mana-mana sudah berteriak-teriak meminta supaya Abu Janda ditangkap dan diproses, tapi pihak kepolisian tetap tidak dan belum melakukannya sehingga terkesan bahwa Abu Janda ini adalah seseorang yang dipelihara oleh pihak pemerintah dan pihak kepolisian sehingga yang bersangkutan terkesan tidak terjamah oleh hukum," beber dia.

Anwar Abbas meminta polisi serius menindaklanjuti laporan kepada Abu Janda. Menurutnya, kasus Abu Janda bisa jadi tolok ukur kinerja Kapolri baru.

"Untuk itu, menurut saya, bila tuntutan anak-anak muda ini tetap tidak ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian, maka citra polisi di mata masyarakat akan jatuh. Dan ini menurut saya benar-benar akan menjadi batu ujian dan alat ukur untuk dan dalam menilai kerja dan kinerja Kapolri yang baru," kata Anwar Abbas.

Seperti diketahui, Abu Janda dilaporkan DPP KNPI ke Bareskrim Polri terkait dua kasus. Yang pertama kasus rasisme terhadap Tokoh Papua Natalius Pigai. Dan yang kedua terkait kicauannya yang menuding Islam agama arogan.