DAHSYATNYA Do'a saat duduk di antara dua sujud

Banyak orang menganggap biasa-biasa saja doa dalam shalat. Salah satunya doa duduk diantara dua sujud. 

Ketika orang ditanya: “Do’a apakah yang paling sering dibaca oleh seorang muslim?”

Banyak yang menjawabnya kurang tepat. Biasanya jawabannya doa yang paling banyak dibaca seorang muslim adalah doa sapu jagat 'Rabbana atina fiddunya hasanah....dst'. 

Padahal doa yang paling sering dibaca seorang muslim adalah doa saat duduk diantara 2 sujud.

Doa ini dibaca minimal 17 kali setiap hari. Dalam sehari 5 shalat wajib ada 17 rakaat, dan setiap rakaat kita baca satu kali doa ketika duduk diantara 2 sujud.

Dan isi do’a nya sangatlah dahsyat, mencakup kebutuhan kita di dunia dan akhirat. 

1-Robbighfirlii

Wahai Tuhan ampunilah dosaku. Dosa adalah beban, yang menyebabkan kita berat melangkah menuju ke ridha Allah. Dosa adalah kotoran hati yang membuat hati kelam, sehingga hati kita merasa berat sekali untuk melakukan kebaikan.

2-Warhamnii

Sayangilah aku. Kalau kita disayang hidup akan terasa nyaman, karena dengan kasih sayang-Nya akan dapat dicapai semua cita-cita. Dengan kasih sayang nafsu kita akan terbimbing.

3-Wajburnii

Tutupilah aib-aib ku. 

4-Warfa’nii

Tinggikanlah derajatku. Kalau Allah sudah meninggikan derajat kita, maka pasti tidak ada manusia yang bisa menghinakan kita.

5-Warzuqnii

Berikanlah aku rizki. Sebagai hamba kita membutuhkan rizki, dan Allah mampu mendatangkan rizki dari arah yang tak terduga dan tanpa perhitungan.

6-Wahdinii

Berikanlah aku petunjuk. Kita tidak hanya minta petunjuk/hidayah yang berkaitan dengan agama. Tetapi kita juga minta petunjuk dalam meniti kehidupan ini.

7-Wa’aafinii

Berikanlah aku 'afiyah (kesehatan, penjagaan, perlindungan). 

8-Wa’fuannii

Ya Allah maafkan aku. 

***

Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca do’a itu, Rasulullah SAW mencontohkan kepada kita. Karena isi doa saat duduk diantara dua sujud adalah kebutuhan untuk hidup kita di dunia dan akhirat.

Yang menjadi persoalan adalah... DIMANA HATI DAN PIKIRAN KITA, ketika kita membaca do’a itu dan kita tidak tahu artinya dan meresapi maknanya?

Maka tuma’ninah lah saat duduk diantara dua sujud. Baca doa dengan pelan penuh penghayatan, khusyu dan penuh pengharapan. Pasti Allah akan mengabulkan. Aamiin.[]