RESMI! Jokowi Tunjuk Yaqut GP Ansor jadi Menteri Agama

[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo memutuskan pergantian Menteri Agama pada kocok ulang atau reshuffle kabinet kali ini. Penunjukkan kyai dari Nahdlatul Ulama Yaqut Cholil Qumas untuk menggantikan Fachrul Razi mengisi jabatan Menteri Agama tersebut diumumkan pada Selasa (22/12).

"Yang keempat adalah bapak Yaqut Cholil Qoumas. Beliau adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai menteri agama," kata Jokowi.

Adapun Fachrul Razi adalah Menteri Agama RI yang menjabat sejak 23 Oktober 2019. Pada awal masa jabatannya, Fachrul sering kali membuat pernyataan kontroversial, seperti rencana pelarangan cadar di instansi pemerintah dan penghapusan khilafah di buku pelajaran Islam.

Fachrul juga sering kali membuat hubungan pemerintah dan DPR memanas. Puncak kekecewaan para anggota dewan terjadi saat Fachrul membatalkan keberangkatan jemaah haji Indonesia tanpa konsultasi ke DPR.

Beberapa kali Komisi VIII DPR RI yang membidangi Agama dan Sosial, memanggil Fachrul. Di dalam rapat, para anggota dewan meluapkan amarah hingga ancaman ke Fachrul.

"Saya melihatnya objektif saja, saya harus sampaikan ini. Pak Menteri dianggap sepele DPR ini. Kami punya hak interpelasi, angket, untuk menyurati, mengadu pada Presiden," kata John Kenedy Azis dalam rapat di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6).

Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet di Istana Negara, Selasa (22/12). Ini merupakan kocok ulang pertama pada periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Sejumlah menteri dicopot dan digeser posisinya, ada pula nama-nama yang dikeluarkan dari Kabinet Indonesia Maju. Beberapa yang disebut adalah Tri Risma sebagai Menteri Sosial dan Sandiaga Salahudin Uno Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kocok ulang atau reshuffle kali ini jadi yang pertama di periode kedua pemerintahan Jokowi. Pada periode pertamanya, Jokowi melakukan empat kali perombakan kabinet.