KEREN! Anies Luncurkan PLTS di Pulau Sebira, Indikator Hadirnya Keadilan Sosial di Jakarta

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sebira, Kepulauan Seribu, pada 25 November 2020.

Anies Baswedan mengatakan bahwa hari ini adalah hari bersejarah yang membahagiakan. 

Anies menjelaskan bahwa Pulau Sebira adalah pulau terdepan di Ibu Kota Jakarta. Jaraknya dari pantai utara Jakarta sekitar 120 kilometer, hampir setara dengan dua kali jarak Jakarta ke Bogor.

"Komitmen kami, warga Jakarta di mana pun tinggalnya harus mendapatkan akses yang sama atas fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, ini indikator hadirnya keadilan sosial di Jakarta," kata Anies.

PLTS terbesar hybrid di Jakarta ini sekaligus menjadi kado ulang tahun Kabupaten Kepulauan Seribu yang baru merayakan 19 tahun.

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) menghadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sebira berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) dan diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari.

Ibukota Jakarta terdiri dari daratan dan kepulauan.

Bagi Anies, hadirnya PLTS di Pulau Sebira ini sebagai pesan penting bukan hanya bagi warga Jakarta, bahwa wilayah kepulauan yang dekat dengan pemerintah pusat, seluruh fasilitasnya dapat dipenuhi.

"Maka semangat ini juga dapat diwujudkan untuk memenuhi fasilitas wilayah kepulauan lain di Indonesia," ujarnya.

Anies juga mengatakan bahwa konektivitas kelistrikan yang menjadi tanggung jawab negara adalah salah satu elemen penting bagi masyarakat kepulauan, hal ini berpengaruh untuk meningkatkan taraf hidup, ekonomi, dan kesejahteraan mereka.

"Contohnya saja, dengan adanya listrik maka warga Pulau Sebira dapat mengakses cold storage yang membuat hasil tangkapan mereka dapat tetap segar, sehingga meningkatkan nilai jual," ujar Anies.

Sumber: IDNTimes, PikiranRakyat, Dll
Baca juga :