NGERI!! Drone Turki Sikat Habis Pasukan Armenia


[PORTAL-ISLAM.ID] Konflik antara Azerbaijan dan Armenia kian memanas. Sejak Minggu, 27 September 2020, kedua negara saling serang menggunakan beragam artileri beratnya masing-masing di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh.

Setidaknya 2.300 tentara Armenia telah dinetralkan (sebagian besar tewas) dalam serangan balik yang diluncurkan oleh pasukan Azerbaijan untuk menyelamatkan wilayah pendudukan mereka, lapor sebuah pernyataan Kementerian Pertahanan Azerbaijan, seperti dilansir Kantor Pers Prancis (AFP), Rabu (30/9/2020).

Sekitar 130 tank dan kendaraan lapis baja, lebih dari 200 sistem artileri dan rudal, sekitar 25 sistem pertahanan udara, enam zona komando dan observasi, lima gudang amunisi, sekitar 50 senjata anti-tank dan 55 mobil dihancurkan, tambah pernyataan tersebut.

Pertempuran itu berpusat di Nagorno-Karabakh, sebuah wilayah yang terletak di Azerbaijan tetapi telah diduduki oleh pasukan etnis Armenia yang didukung oleh pemerintah Armenia sejak 1994.

Turki mendukung pemerintah Azerbaijan dalam mempertahankan wilayah sahnya yang direbut Armenia.

Salah satu dukungan Turki adalah dengan mengirim drone canggih dan mematikan TB-2 Bayraktar buatan Turki.

Bayraktar merupakan pesawat nirawak kombatan berjenis medium altitude long endurance (MALE) yang diproduksi oleh Baykar Makina Turki. Drone ini memiliki daya jelajah lebih dari 150 km dengan kecepatan maksimal 70 knot dan mampu bertahan selama 20 jam.

Sebagai drone Kombatan, Bayraktar mampu membawa beragam amunisi untuk serangan ke permukaan. Adapun amunisi yang dapat dibawa drone ini antara lain MAM, MAM-L, dan rudal UMTAS. Drone ini telah membuktikan kehandalannya dalam beberapa pertempuran seperti saat menghancurkan sistem perlindungan udara Pantsir S-1 Rusia di Libya dan Suriah.

Berikut salah satu video aksi drone Turki menghabisi tentara Armenia...

Silahkan hitung sendiri berapa banyak bangkai pasukan Armenia setelah dikasih hadiah bomb dari drone Turki...

[Video]