Turki dan Kemajuan Teknologi Strategis Masa Depan


Turki dan Kemajuan Teknologi Strategis Masa Depan

Oleh: Dr. Nandang Burhanuddin

Baru saja berlangsung TEKNOFEST 2020 Festival for Aviation and Space Technology, di provinsi Gaziantep Turki, 24-27 September 2020.

Perlu diacungi jempol, dalam beberapa tahun terakhir menyaksikan kebangkitan Turki yang luar biasa di bidang teknologi, mencakup berbagai sektor, termasuk industri pertahanan, pertanian, industri otomotif, kesehatan, dan lainnya.

Semua berkat visi misi dan grand strategy di era kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang mengambil langkah nyata di segmen pembangunan dan kebangkitan dalam bidang sektor teknologi lokal.

Saya pikir Turki akan berubah dalam sepuluh tahun ke depan menjadi salah satu negara yang memainkan peran perintis dalam dunia teknologi.

Turki mampu selama periode terakhir, dan dalam waktu singkat, untuk membangun infrastruktur kuat, bahkan mampu menjadi global player di beberapa industri pertahanan dan teknologi militer dan kesehatan.

Berikut poin-poin singkat, optimisme kemajuan Turki:

1. Lebih dari 6.000 perusahaan yang bergerak di bidang teknologi telah menyelesaikan lebih dari 30.000 proyek penelitian dan pengembangan di Turki, sedangkan 10.000 proyek masih dalam tahap implementasi.

2. Turki telah menyaksikan pendirian 80 kompleks industri strategis, dan lebih dari  1500 pusat penelitian, pengembangan, dan desain.

3. Dalam 13 tahun terakhir, sumber daya manusia Turki di bidang penelitian dan pengembangan telah melebihi 3 kali lipat dari angka sebelumnya, sehingga jumlah totalnya mendekati 180.000 ahli dan peneliti.

4. Turki mampu memproduksi dan mengekspor produk-produk berteknologi tinggi ke seliruh dunia, dan hal itu menarik perhatian melalui kebangkitan pesat yang telah dicapai di sektor industri teknologi.

5. Selama 15 tahun terakhir, Turki berhasil meningkatkan produksi dalam negeri di bidang industri pertahanan, dari 20 menjadi 70 persen.

6. Turki mampu memproduksi kebutuhan kereta listrik secara mandiri, dan kini telah memulai proyek untuk memproduksi mobil listrik dengan kemampuan lokal.

7. Grup otomotif Turki sedang bekerja secara intensif untuk mengimbangi revolusi yang terjadi di industri kendaraan bermotor, smart driver, revolusi kendaraan listrik dan mobil terbang di dunia.

8. Turki juga telah mencapai kesuksesan serupa di bidang kesehatan, dan dalam waktu dekat akan menyaksikan kesuksesan nyata di bidang industri farmasi dan peralatan medis.

9. Proyek nuklir, satelit, pesawat tempur siluman, mobil terbang, kapal induk, drone dengan kemampuan pesawat tempur, menjadi proyek jangka pendek dan menengah.

Wajar bila Presiden Yunani menyatakan, "10 tahun lalu, kita menganggap enteng sosok Erdogan. Ternyata kini, Erdogan sulit dijinakkan."