Netizen Tertawakan Rokok Jadi Penyebab Kebakaran Gedung Kejagung

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pihak Kepolisian RI mengungkapkan, puntung rokok menjadi penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung yang menghanguskan enam lantai dan menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 1,12 Triliun.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Ferdy Sambo menyebut, para tukang yang merokok membuang puntungnya secara sembarangan. 

Hal itu disampaikan Ferdy saat konferensi pers di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2020). 

“Mereka merokok di ruangan tempat bekerja di mana pekerjaan-pekerjaan tersebut memiliki bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti tiner, lem aibon, dan beberapa bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya,” ujar Ferdy.

Polisi telah menetapkan delapan orang tersangka, terdiri dari lima tukang dengan sangkaan kelalaian yang menyebabkan kebakaran enam lantai gedung Kejagung. Sedangkan tiga tersangka lagi adalah mandor, pegawai Kejakaan Agung dan direktur perusahaan yang menjual barang ilegal yang mempercepat kebakaran.

Seperti diketahui, kebakaran di gedung Kejagung terjadi pada Sabtu (22/8/2020) sekitar pukul 18.15 WIB malam.

Pengumuman polisi terkait rokok penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung ini sontak banyak warganet yang mentertawakan dan dijadikan olok-olokan.

Salah satunya dengan meme tulisan: 'MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. SERTA KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG'.