Hari ini, 833 tahun lalu... Jumat 2 Oktober 1187 Shalahuddin al-Ayyubi Menaklukkan Yerusalem dari Tentara Salib


Hari ini, 833 tahun lalu...

Jumat, 2 Oktober 1187 M, Shalahuddin al-Ayyubi mengambil alih Jerusalem dari tangan kekuasaan tentara salib. Setelah aliansi kristen Eropa yang tergabung dalam Tentara Salib yang berjumlah 63.000 personil, termasuk pasukan elit Ksatria Templar dikalahkan Shalahuddin bersama 12.000 pasukannya di Hittin.

Pengepungan Yerusalem

Pengepungan Yerusalem adalah sebuah pertempuran yang terjadi pada tanggal 20 September sampai 2 Oktober 1187 antara Dinasti Ayyubiyyah dan Kerajaan Yerusalem. Pertempuran ini menyebabkan Yerusalem direbut kembali dari tangan tentara Salib oleh Shalahuddin al-Ayyubi dan kehancuran Kerajaan Yerusalem.

Kerajaan Yerusalem yang semakin lemah karena permasalahan internal, hampir dikalahkan dalam Pertempuran Hittin pada tanggal 4 Juli 1187. Banyak tokoh-tokoh kerajaan tersebut tertangkap, termasuk Raja Guy, dan selama musim panas Shalahuddin dengan cepat mengacaukan kerajaan.

Pada pertengahan bulan September, Shalahuddin merebut kota Akko, Nablus, Jaffa, Toron, Sidon, Beirut, dan Ashkelon. Para pengungsi melarikan diri ke Tirus, satu-satunya kota yang dapat menahan serangan Shalahuddin.

Pada hari Minggu, tanggal 20 September 1187, Shalahuddin mencapai Yerusalem dengan banyak pasukan mendirikan kemah dan memulai pengepungan.

Pada tanggal 21 September pasukan Shalahuddin mulai ke utara dan barat laut tembok, mulai menyerang Yerusalem.

Karena mendapat perlawanan sengit dan matahari yang menyilaukan penyerang serta benteng Kerajaan Yerusalem terbukti terlalu kuat Shalahuddin harus menunda serangan.

Pada malam 25 sampai 26 September, ia pindah kemahnya di Bukit Zaitun di sisi timur laut kota akhirnya pada tanggal 29 September pasukan Shalahuddin telah berhasil merobohkan dinding benteng.

Pertempuran ini berakhir dengan menyerahnya Yerusalem pada Jum'at 2 Oktober 1187.

Shalahuddin berhasil merebut Yerusalem pada 2 Oktober 1187 setelah selama 88 tahun dikuasai Kristen.

Tanggal 2 Oktober 1187 itu juga memiliki makna simbolis khusus bagi Muslim karena bertepatan dengan tanggal 27 Rajab yaitu tanggal peringatan Isra dan Mikraj.

(Wikipedia, dll)

Baca juga :