Pemuda "Drone" Somalia, Akhirnya Bertemu dengan Menantu Erdogan "Ahli Drone Turki"


[PORTAL-ISLAM.ID] Guled Abdi, pemuda Somalia berusia 17 tahun membuat pemerintah Turki tergugah saat melihat videonya yang viral di media sosial.

Abdi menjadi viral karena karyanya dalam mengembangkan mainan elektronik dan model pesawat menggunakan barang-barang primitif.

Ketika keterampilan Abdi dibagikan di media sosial, beberapa pejabat Turki berusaha membawanya ke Turki untuk melanjutkan pendidikan.

Pada hari Sabtu, dia dibawa oleh Kementerian Luar Negeri Turki ke negeri dua benua itu.

Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu secara pribadi mengatur penerbangan Abdi beserta keluarganya.

Pada hari Minggu (27/9/2020), Abdi mengunjungi Teknofest, salah satu acara teknologi terbesar di Turki yang bertujuan untuk mempromosikan ilmuwan muda.

Wakil Menteri Luar Negeri Yavuz Selim Kıran pada hari Sabtu menulis di Twitter “mendukung Guled.”

Guled dijuluki di media sosial sebagai “Bayraktar Somalia,” menyamakannya dengan sosok Selçuk Bayraktar, menantu Presiden Erdogan ahli drone Turki.

Abdi akhirnya dapat bertemu Selçuk Bayraktar di acara Teknofest, 27 September 2020.


Selçuk Bayraktar memperkenalkan pemuda Somalia tersebut pada inovasi dalam teknologi penerbangan dan memberinya sebuah model kendaraan udara tak berawak (UAV) yang diproduksi oleh Baykar, perusahaan yang dia jalankan bersama keluarganya.

Bayraktar mengatakan dia senang bertemu Abdi dan berharap dapat menjamunya di markas besar Baykar.

“Ia juga akan mengunjungi perusahaan lain yang bekerja dalam pengembangan (pesawat, simulator penerbangan, dan drone). Dia baru berusia 17 tahun dan mengingatkan saya pada diri saya yang lebih muda,” kata Selcuk Bayraktar.

Abdi baru berusia 13 tahun ketika dia menjadi berita utama di negaranya karena membuat mainan elektronik dari benda-benda bekas. Menyusun alat-alat plastik dan baterai bekas yang diberikan gurunya, Abdi segera menjadi viral di negaranya.

“Saya berterima kasih kepada semua orang karena telah hadir di sini dan senang mengunjungi Teknofest. Saya merasa sangat beruntung,” katanya kepada wartawan, Minggu.

“Saya tidak memiliki banyak sumber daya di negara saya untuk merancang hal-hal seperti itu. Saya ingin memiliki pendidikan di Turki di bidang ini. Saya bermimpi mendirikan perusahaan yang memproduksi pesawat dan helikopter di masa depan,” ujarnya.

Di akun twitternya menantu Erdogan Selçuk Bayraktar mengunggah foto pertemuannya dengan pemuda "drone" Somalia itu.

"Mereka menaklukkan hati kami dengan hasrat mereka terhadap angkasa dan model pesawat yang mereka buat. Bersama saudara kita Guled Abdi dari Somalia kami bertemu di #TEKNOFEST," ujarnya.
Sumber: Daily Sabah/Turkinesia

Baca juga :