Turki Selesai Membangun Fasilitas Pembuatan Pesawat Tempur Nasional TFX-Stealth-Fighter, 3 Ribu Insinyur Turki Bekerja Siang Malam


[PORTAL-ISLAM.ID] Foto atas: Gedung fasilitas pembuatan pesawat tempur generasi ke-5 TFX Turki yang baru selesai dibangun 2020.

TFX adalah jet tempur superioritas udara next generation stealth yang dikembangkan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI)

Turkish Aerospace mengonfirmasi bahwa TF-X 5th Gen Turkish Fighter akan keluar dari jalur produksi pada 18 Maret 2023. Sebuah pabrik baru di kawasan Industri Penerbangan dan Luar Angkasa Turki (TUSAŞ) telah dibuat untuk mempercepat pembangunan pesawat tempur tersebut.

Menunjukan keseriusan Turki, TAI telah selesai membangun New TF-X Engineering Building yang berlokasi di Ankara Ibukota Turki. Disinilah detail dari desain, avionik, TFX akan dibuat.

Fasilitas ini akan menjadi tempat hangar pesawat, terowongan angin, dan pusat uji petir.

Wartawan dari media Turki Milliyet, yang diundang khusus meninjau fasilitas pembuatan TFX ini dalam liputannya melaporkan:

"Kami mengunjungi kompleks khusus yang dibangun di TAI untuk pesawat tempur nasional yang akan keluar dari hanggar pada tahun 2023 dengan CEO TAI Temel Kotil. 3 ribu insinyur Turki akan bekerja di area tertutup seluas 63 ribu meter persegi ini. Untuk pertama kalinya, Milliyet melihat dan mengunjungi kompleks tersebut, yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan harian para insinyur mulai dari perpustakaan hingga ruang olahraga, dari ruang hijau hingga kafe. 3000 insinyur Turki ini bekerja siang dan malam."

Turki mempercepat pengembangan pesawat tempur nasional setelah dikeluarkan oleh AS dari program pembuatan F-35 akibat pembelian S-400 dari Rusia.

Pada bulan Februari 2020, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berkomentar bahwa membangun TF-X adalah "tanggapan terbaik bagi mereka yang mengancam untuk mengakhiri keterlibatan Turki dalam program F-35".

Prototype Pesawat Tempur TFX akan dikeluarkan pada tahun 2023, terbang perdana pada tahun 2025 dengan mesin General Electric, dan mendapatkan mesin lokal pada tahun 2028/2029, diproduksi massal sekitar tahun 2029-2030.

Pesawat Tempur generasi ke 5 dilengkapi Fitur Stealth (anti radar), Radar AESA jarak jauh berbahan Gallium Nitride yang lebih canggih, Nozzle sembur jet Thrust Vectoring seperti punya Sukhoi Rusia yang menambah kelincahan, Rudal Udara buatan lokal dan konon Senjata Laser penangkis. TFX jug bisa berkoordinasi dengan Drone tempur jet yang akan dibuat Turki sehingga sama dengan fitur yang disematkan pada Pesawat Tempur generasi ke 6.

Kerjasama Dengan Pakistan


CEO TAI Mr. Temel Kotil mengatakan Kami sedang bekerja untuk melakukan studi yang berbeda dengan Pakistan yang berisi platform Heli transport utilitas T-625, T-629 dan Heli Tempur Atak-2 dan meminjam pusat Teknologi Pakistan PAC Kamra. Selain program helikopter, Kita harus lebih fokus pada program kerjasama strategis dengan Pakistan termasuk Fighter Jet MMU TFX.

Sebelumnya Turki juga pernah meminjam sarana teknologi BPPT (Badan Pusat Pengembangan dan Teknologi) Indonesia untuk mengembangkan Drone UAV Anka yang sukses.

Jauh sebelumnya menurut laporan beberapa media barat hasil investigasi Turki juga disinyalir mendapatkan alat Sentrifugal guna bahan pembuatan Nuklir dari bapak Nuklir Pakistan Abdul Qadir Khan.
__
*Referensi:
https://www.milliyet.com.tr/yazarlar/abdullah-karakus/3000-muhendis-ile-gece-gunduz-mesai-6273830
https://www.airrecognition.com/index.php/news/defense-aviation-news/2020/august/6500-ankara-accelerates-production-of-tfx-5th-gen-turkish-fighter-jets.html
https://www.defenseworld.net/news/26891/Turkish_TF_X_Fighter_Jet_Project_Progress#.XzCyfJ4zaM8
- Fp Sahabat Erdogan

Gambar Gedung fasilitas rekayasa pesawat tempur TFX Turki yang baru selesai dibangun 2020. Menunjukan keseriusan...
Dikirim oleh Sahabat Erdogan pada Jumat, 07 Agustus 2020
loading...