Fahri Hamzah: Harapan Dibalik Ancaman Resesi


HARAPAN DIBALIK ANCAMAN RESESI

Saya ada optimisme lain, bahwa gara-gara Covid ini, global trade (perdagangan dunia) akan surut...lalu ekonomi domestik yang naik...nah itu bagiannya dan gilirannya Koperasi dan UKM Indonesia...

Selalu ada celah peluang kalau kita mau...industri yang akan bergeser ke manufaktur dasar akan memberi kesempatan bagi Indonesia untuk mengatur peran yang lebih besar bagi Koperasi dan UKM Indonesia sebagai Soko Guru Perekonomian kita sebagaimana cita-cita Bung Hatta...

Covid ini juga akan menggeser pusat pertumbuhan dan pelaku pertumbuhan:
- dari kota ke desa.
- dari barat ke timur.
- dari konglomerat ke UKM.
- dari sektor keuangan ke sektor riil
- transaksi digital tetap akan meningkat tapi terkait domestik dan produk sektor riil.

Ini semua bukan teori tapi peluang...nah karena itu yang bisa menjadikannya kenyataan bukan orang mengkhayal tapi praktisi...leadership berpengaruh besar dalam mengubah peluang menjadi kenyataan... ayo kita dorong peran Koperasi dan UKM Indonesia dalam situasi ini..

Tidak boleh menyerah, kita jangan kehilangan ide, harus tetap melihat ada nyala lilin di ujung terowongan gelap...itulah selalu yang menjadi sejarah sebuah kebangkitan...saya percaya Indonesia tidak saja bisa melalui semua ini tapi bahkan bisa jadi juara dunia!

Ada satu lagi pergeseran penting yang akan menjadi “game changer” persaingan ekonomi ke depan, yaitu pergeseran dari ekonomi darat menuju laut.

Kita bangsa maritim dan kita akan bisa memenangkan perang jika medan bergeser ke lautan!

Jumat, 7/8/2020

(Dari twit @fahrihamzah)

Baca juga :