Trump Resmi Tarik Mundur AS dari WHO, 2 Alasannya Unik


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Donald Trump secara resmi menarik Amerika Serikat keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal itu diketahui setelah AS memberitahu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa (7/7/2020).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss.

Karena menurut aturan, pengunduran diri itu harus diajukan minimal setahun sebelum benar-benar mundur, maka Amerika pun mengajukan akan efektif mundur dari WHO mulai 6 Juli tahun depan. Tahun 2021.

Alasannya unik:

(1) Amerika menuding WHO gagal mengatasi wabah saat masih berstatus endemik di China dan terpenting: gagal mencegah menyebarnya wabah keluar dari China.

Pada tahap awal, WHO memang menyatakan wabah ini tidak menjadi ancaman darurat bagi kesehatan global. Pada saat yang sama China juga mengklaim belum ada bukti penularan dari manusia ke manusia, mereka masih menunjuk kelelawar dan hewan liar lain sebagai kambing hitam penularan.

Ketika situasi di Wuhan memburuk, barulah WHO memberi peringatan ancaman wabah ini secara global. Tapi sayang, wabah ternyata sudah mulai meluas keluar China.

(2) Amerika menuding WHO sebagai boneka China. Pada tahap awal wabah, WHO dianggap kurang melakukan investigasi dan mudah iya iya saja terhadap laporan pihak China.

Sebelum putus hubungan, AS telah lebih dulu menghentikan donasi Negeri Paman Sam untuk WHO.

AS menyumbangkan US$445 juta kepada WHO setiap tahun dari total US$4,8 miliar bujet lembaga itu. Jumlah tersebut yang terbesar dari negara lain.