Shalat Idul Adha pertama di Masjid Hagia Shopia


[PORTAL-ISLAM.ID]  ISTANBUL - Ribuan umat muslim Turki menghadiri shalat Idul Adha pertama di masjid Hagia Sophia pada hari Jumat, 31 Juli 2020.

Shalat Idul Adha pertama di Hagia Sophia sejak 86 tahun ini dipimpin oleh kepala Direktorat Urusan Agama (Diyanet) Ali Erbaş.

Datang dari seluruh penjuru negeri, ribuan umat muslim memenuhi Hagia Sophia, serta jalan-jalan di sekitar landmark bersejarah di Istanbul.

Ketua Parlemen Mustafa Şentop, Menteri Transportasi dan Infrastruktur Ali Karaismailoğlu, Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya dan Walikota distrik Fatih Istanbul Mehmet Ergün Turan hadir bergabung di Hagia Sophia.

Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan untuk penggunaannya sebagai masjid.

Dua minggu setelah keputusan pengadilan, shalat pertama di Hagia Sophia diadakan dengan dihadiri sekitar 350.000 orang, serta tokoh-tokoh politik top di Turki, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

Pada hari Jumat ini, umat Islam menandai dimulainya Qurban Bayram, liburan empat hari yang menandai berakhirnya ibadah haji dan perayaan keagamaan terpenting kedua setelah Idul Fitri.

Pada hari suci ini, umat Islam mengorbankan ternak, yaitu, domba, kambing, sapi atau unta, untuk memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail atas perintah Allah.




Sumber: Daily Sabah