Presiden Jokowi: Produksi Vaksin Corona RI Januari-April 2021, Sebanyak 170 Juta


[PORTAL-ISLAM.ID] Pemerintah menargetkan Januari 2021 vaksin Virus Corona mulai diproduksi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengestimasi prodiksi vaksin Covid-19 akan dimulai antara Januari hingga April 2021.

"Perkiraan kita akan masuk produksi kira-kira antara Januari-April tahun depan. Uji klinis sudah sampai tiga kalau enggak salah. Tapi perlu 6 bulan untuk uji terakhir. Jadi kira-kira diproduksi Januari sampai April," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Presiden Jokowi menyatakan target produksi vaksin Covid-19 sebanyak 347 juta vaksin. Target produksi vaksin Covid-19 tersebut sudah di atas jumlah penduduk Indonesia yakni kurang lebih 269 juta jiwa. Nantinya, satu orang bisa diberikan vaksin lebih dari satu kali.

"Kebutuhannya kita hitung ada 347 juta vaksin karena satu orang bisa tidak hanya sekali. Orang yang sudah divaksin, bisa mental lagi, jadi harus divaksin lagi. Tahun depan kita perkirakan produksi 170 juta vaksin," tegas Jokowi.

Jokowi mengemukakan vaksin yang dimaksud adalah hasil penelitian dari Bio Farma dengan perusahaan bioteknologi asal China, Sinovac Biotech Ltd. Perusahaan ini diklaim memiliki riwayat cukup baik dalam memproduksi vaksin.

"Kita kuncinya 1, vaksin dan ngerem agar Covid tidak naik secara drastis karena ngeri tau-tau India tau-tau naik, Brazil juga naik, nomor dua karena penduduk kita berhati-hati," katanya.[]

loading...