Mo Salah Memang Berhati Mulia, Ini Sedekah Terbarunya setelah Liverpool Juara


[PORTAL-ISLAM.ID] Pesepak bola Mohamed Salah tidak hanya moncer di lapangan hijau. Warga Mesir yang kini menjadi penyerang Liverpool FC itu juga dikenal sebagai sosok berhati mulia.

Sosok penting yang memiliki kontribusi besar dalam membawa Liverpool menjuarai Premier League 2019/2020 itu adalah olahragawan yang sering bersedekah, khususnya untuk kampung halamannya di Nagrig, Provinsi Gharbia, Mesir. Baru-baru ini, Salah mendonasikan dana untuk mendirikan layanan ambulans bagi daerah asalnya.

Dilansir ArabNews, Rabu (1/7/2020), pembukaan layanan ambulans itu diumumkan oleh Gubernur Gharbia Tarek Rahmy pada awal pekan ini. Ayah Mo Salah, Haji Salah Ghaly juga ikut hadir dalam pengumuman itu.

Untuk pembangunan layanan ambulans itu, Salah menyumbangkan dana EGP 600 ribu atau sekitar Rp 535 juta. Ambulans itu akan melayani sekitar 30 ribu warga di kampung halaman Salah.

Sebelumnya, Salah telah membangun rumah sakit dan sekolah untuk warga Nagrig. Di Nagrig, anak perempuan harus menempuh perjalanan jauh untuk bersekolah.

Pada 2018, Salah membiayai pembangunan sekolah perempuan di desanya. Dia juga membeli lahan di Gharbia yang dimanfaatkan sebagai tempat pengolahan limbah dan menjamin ketersediaan air bersih.

Sedekah Salah juga menjangkau wilayah luar kampung halamannya. Pada masa pandemi COVID-19, Mo Salah -panggilan kondangnya- juga mendonasikan makanan untuk wilayah Basyoun di kawasan delta Sungai Nil.

Desember lalu, Salah dan keluarganya juga menuai pujian di Mesir ketika menyelamatkan sebuah rumah sakit di Basyoun yang terancam tutup. Salah mendonasikan EGP 900 ribu untuk pengadaan peralatan kesehatan seperti ventilator, pemantau jantung, serta membiayai renovasi layanan ICU.

Adapun saat 2016, Salah menumbangkan EGP 5 juta untuk Tahya Masr Fund. Selanjutnya tahun lalu olahragawan berjuluk The Happiness Maker itu juga mendonasikan EGP 50 juta untuk Institut Kanker Nasional. (arabnews/jpnn)

loading...