KEREN! Liputan WNI Usai Pengumuman Aya Sofya Kembali Menjadi Masjid


[PORTAL-ISLAM.ID]  Jum'at 10 Juli 2020 adalah hari yang indah dan bersejarah bagi Turki dan Umat Islam sedunia atas kembalinya Aya Sofya di Istanbul sebagai masjid.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat (10/7/2020) mengeluarkan keputusan mengembalikan Hagia Sophia (Aya Sofya) sebagai masjid yang akan ditandai dengan pelaksanaan sholat Jumat perdana pada 24 Juli mendatang.

Keputusan Erdogan disampaikan setelah sebelumnya pengadilan tinggi Turki mencabut status museum yang disematkan kepada Hagia Sophia.

Pengadilan tinggi Turki memutuskan pada Jumat, 10 Juli 2020, bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada 1934 adalah melanggar hukum. Putusan pengadilan itu membatalkan keputusan kabinet Turki tahun 1934, yang dipimpin tokoh sekuler Mustafa Kemal Ataturk.

"Dengan putusan pengadilan ini, dan dengan langkah-langkah yang kami ambil sejalan dengan keputusan itu, Hagia Sophia menjadi masjid lagi, setelah 86 tahun, seperti yang diinginkan Sultan Muhammad Al-Fatih, penakluk Konstantinopel," kata Erdogan dalam pidato nasional, Jumat (10/7/2020).

Tepat di hari detik-detik pengumuman kembalinya Aya Sofya jadi masjid, ada WNI yang meliput langsung suasana di Aya Sofya.

WNI itu adalah Geralda Aufanaim yang merupakan siswi di SMA Imam Hatip Internasional Istanbul.

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi bangsa Turki dan Umat Islam di seluruh dunia, Aya Sofya kembali dibuka menjadi masjid setelah lebih dari 80 tahun difungsikan sebagai museum," ujar Geralda Aufanaim melalui video.

Berikut selengkapnya video liputan Geralda..

[Video]
loading...