Kaukus Muda PKS Dukung Gibran di Pilkada Solo


[PORTAL-ISLAM.ID]  Solo - Kelompok Kaukus Muda PKS Solo mendukung Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada Solo 2020. Hal tersebut berbeda dengan keputusan DPD PKS Solo yang menyatakan akan menjadi oposisi pasangan Gibran-Teguh Prakosa.

Dukungan ditunjukkan secara simbolis dalam sidang paripurna DPRD Solo. Sekretaris Fraksi PKS Didik Hermawan, yang membentuk Kaukus Muda PKS, datang menggunakan pakaian pendukung Gibran.

Sosoknya menjadi sorotan karena Didik hadir mewakili F-PKS untuk membacakan pandangan dalam sidang paripurna. Saat dimintai konfirmasi, dia membenarkan mendukung Gibran.

"Dari awal, kami Kaukus Muda PKS mendukung Gibran, jauh sebelum rekomendasi PDIP. Ini hanya sebagai simbol dukungan," kata Didik kepada wartawan melalui telepon, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, Kaukus Muda PKS adalah kelompok yang bersifat ad hoc. Meski kaukus itu tidak resmi, para anggota PKS di dalam kelompok itu dinilai memiliki suara yang patut didengar.

"Meskipun Kaukus Muda PKS ini sifatnya ad hoc, kami juga memiliki hak bersuara agar didengar oleh DPD PKS Solo," ujar dia.

Sebelumnya, PKS Solo menyatakan menjadi oposisi. Bahkan PKS telah menghubungi mantan rival Gibran Rakabuming Raka, yakni Achmad Purnomo, untuk diajak maju Pilkada Solo lewat PKS.

Namun Achmad Purnomo telah menolak ajakan itu. Menurutnya, kemungkinan menang melawan Gibran sudah tertutup.

"Saya bilang sudah nggak mungkin lagi, tertutup kemungkinan, itu menurut saya lho ya. Nggak tahu kalau nanti ada berita spektakuler. Tidak usah berandai-andai dulu," katanya saat dihubungi wartawan, Senin (27/7).

Seperti diketahui, PKS sebagai partai terbesar kedua di Solo hanya memiliki lima kursi DPRD. Padahal butuh sembilan kursi untuk bisa mengajukan calon.

Sementara itu, PAN, Gerindra, Golkar, dan PSI sudah merapat ke pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. Peluang menjadi mungkin jika dua partai mencabut dukungan dan bergabung dengan PKS.

Sumber: detikcom

loading...