Erdogan Ubah Aya Sofya, Anies Bangun Masjid Apung Ancol


[PORTAL-ISLAM.ID]  Masjid Apung Ancol digadang-gadang akan menjadi ikon kota Jakarta. Kota yang dibangun oleh Fatahillah.

Masjid apung yang akan dibangun di kawasan Pantai Ria, Ancol, Jakarta Utara ini menjadi masjid pertama di Jakarta yang lokasinya berada di atas permukaan laut.

Groundbreaking pembangunan masjid apung ini pun secara simbolis dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla.

Geisz Chalifah, Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol, menjelaskan tentang pembangunan Masjid Apung Ancol di era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya hafal latar belakang pembangunan Masjid Apung di Ancol sampai pada hari, tanggal, tahun dan jamnya diputuskan dalam rapat.

Sebelum dibuat gambarnya oleh arsitek ternama, maka seorang sejarawan yang memiliki pengetahuan luas tentang perjalanan Islam di kota ini bernama N.Samsuddin Ch Haesy (Bang Sem).

Bang Sem menulis dengan panjang tentang sejarah peradaban Islam di Jakarta, untuk menjadi dasar bagi seorang Andra Matin (arsitek) membuat gambar arsitektur Masjid Apung Ancol, yang semua arsitekturnya menjadi simboil-simbol sejarah perjalanan Islam di kota Jayakarta ini."

[Selengkapnya video Masjid Apung Ancol dan paparan Geisz Chalifah]