Stasiun Terpadu Tanah Abang Diresmikan, Anies: Dulu Kawasan Kumuh, Jauh dari Aman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat stasiun terpadu, yakni stasiun Pasar Senen, Juanda, Tanah Abang, dan Sudirman. Peresmian ini dilakukan bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu, 17 Juni 2020. (Suara.com/Fauzi)

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja meresmikan penataan stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjadi stasiun terpadu. Sebelum ditata, Anies menganggap lokasi ini kumuh.

Bahkan, Anies menganggap kawasan stasiun Tanah Abang itu tidak aman dan tidak bagus untuk menjadi tempat swafoto atau selfie. Kekinian setelah penataan, tempat itu disebutnya menjadi lebih baik karena berbagai lokasi yang kumuh tadi dirapikan.

"Tiga atau empat bulan yang lalu tempat kita berada di sini ini adalah kawasan yang sangat kumuh jauh dari aman, tidak sehat, dan kurang sedap dipandang apalagi jadi gambar selfie," ujar Anies di stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (17/6/2020).

Penataan ini dilakukan bukan hanya di Stasiun Tanah Abang. Stasiun Juanda, Pasar Senen, dan Sudirman juga ikut diintegrasikan.

Pengerjaannya dilakukan oleh perusahaan gabungan milik Pemprov dan Pemerintah Pusat.

Menurutnya proyek ini membantu warga Jakarta dan sekitarnya untuk bisa nyaman dalam menaiki kendaraan umum.

"Pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi itu bisa bekerja bersama memfasilitasi seluruh penduduk baik penduduk DKI maupun penduduk luar DKI karena yang turun di Tanah Abang ini," kata dia.

Selain itu, ia menyebut ada campur tangan dari Presiden Joko Widodo dalam proyek ini. Pada tahun 2018, Jokowi meminta untuk adanya Integrasi transportasi umum.

"Terima kasih dan apresiasi kepada bapak presiden atas dukungan dan arahannya yang harus digarisbawahi di sini adalah bahwa dalam ratas yang dipimpin oleh bapak Presiden di awal 2018 pada waktu itu bapak presiden menggarisbawahi bahwa di Jakarta kita harus integrasikan transportasi," pungkasnya.[suara]

[Video - Wajah Baru Stasiun Terpadu Tanah Abang]
Baca juga :