JILBAB Yang Kita Kenal Salah..?


JILBAB Yang Kita Kenal Salah..?

Pesan dari dari poster di atas adalah istilah jilbab yang kita pahami selama ini salah alias ga syar'i, menurut mereka, jilbab itu adalah baju kurung yang menutup dari pundak sampai kaki, sementara selama ini yang kita pahami, jilbab adalah kain yang menutup kepala sehingga dada dan punggung. Padahal itu, menurut mereka, bukan jilbab, tapi khimar.

Salahkah pemahaman kita selama ini tentang JILBAB...?

Imam Nawawi menjelaskan dalam kitab beliau Syarh Shahih Muslim, ulama sendiri berbeda pendapat tentang makna jilbab, bahkan sampai 8 pendapat.

Diantara 8 pendapat itu beliau menukilkan pendapat as-Sindi dan Al-'Aini.

- Imam Muhammad as-Sindi dalam kitabnya Hasyiyah Ibn Majah, jilbab adalah pakaian yang digunakan perempuan menutupi kepala, dada, dan punggungnya manakala ia keluar rumah.

- Imam Badruddin Al-'Aini dalam 'Umdah al-Qari Syarh al-Bukhari mengatakan, jilbab adalah khimar yang besar seperti milhafah yang dipakai perempuan menutupi kepala dan dadanya.

- Ibnu 'Asyur dalam Tafsirnya at-Tahrir wat Tanwir mengatakan, "jilbab adalah pakaian yang lebih kecil daripada rida’ dan lebih besar daripada khimar dan qina’, yang dikenakan oleh wanita di kepala, yang dua sisinya menjulur ke arah dua sisi dagu dan sisanya menjulur ke arah pundak dan punggung, yang dikenakan ketika keluar rumah dan bepergian."

Jadi, dari keterangan para ulama besar diatas, pemahaman kita tentang jilbab selama ini sudah tepat bin benar.

Dan tak perlu diperdebatkan atau disalah-salahkan.

(Ustadz Ispiraini Bin Hamdan)

loading...