Tim Dokter Garda Depan: Peperangan Melawan Covid-19 Masih Jauh dari Kata Akhir


Info dari team dokter:

Dalam setahun ini jaga jarak, tidak bertemu atau makan bareng dengan orang yang pernah terjangkit covid-19. Harus mempunyai pemahaman proteksi diri, jangan sampai lengah.

(I) Bedah jenazah menunjukkan:

1. Covid-19 seperti gabungan dari SARS+AIDS. Banyak dokter beranggapan, pasien yang sudah keluar RS, pengujian asam nukleatnya kembali positif, ini bukan kambuh, melainkan belum sembuh total. Ini ada hubungannya dengan karakteristik Covid-19.

2. Sistem kekebalan tubuh hampir seluruhnya rusak. SARS hanya menyerang paru², tidak menyerang kekebalan tubuh. AIDS menyerang kekebalan tubuh. Sedangkan kerusakan organ tubuh pasien Covid-19 adalah seperti SARS+AIDS.

3. Kerusakan akut organ paru² adalah penyebab utama kematian penderita SARS. Sedangkan kematian karena Covid-19 diakibatkan oleh "kegagalan banyak organ".

(II) Ketua jurusan penyakit berat dari Zhong Nan Hospital Univ Wuhan, Prof Peng Zhi Yong, setelah melakukan bedah jenazah, memimpin team untuk pembahasan sbb:

1. Pasien yang telah keluar dari RS, hasil test darahnya menunjukan bahwa indeks limfosit tidak kembali ke tingkat normal, sistem kekebalan tubuh pasien tidak pulih seutuhnya.

2. Dari pasien yang baru² ini keluar dari RS, pemeriksaan asam nukleatnya adalah negatif, namun sistem kekebalan tubuhnya sangat buruk, tidak kembali utuh. Setelah keluar dari RS akan mudah kembali ke positif.

3. Kondisi ini mirip dengan pasien hepatitis B, yang dalam jangka panjang akan menyimpan virus di dalam tubuhnya.

4. Sekarang yang perlu diteliti adalah tubuh pasien yang menyimpan virus Covid-19 itu apakah dapat menularkan ke orang lain.

(III) Para dokter yang berada di garda depan penyembuhan menyatakan:

1. Sebelumnya konsentrasi ada pada pertolongan pertama kepada pasien Covid-19. Setelah semakin banyak pasien yang "sembuh" dan keluar dari RS, perlu mengalihkan fokus pada masalah pengaturan pasien yang keluar dari RS. Kita akan menelusuri setahun ke depan, perubahan yang terjadi pada pasien yang sudah keluar dari RS, virus yang masih tersimpan dalam tubuhnya apakah bisa menular, apakah berdampak pada orang di sekelilingnya.

2. Dalam hal ini, peperangan melawan Covid-19 masih jauh dari kata akhir.

★ Maka disarankan: Paling sedikit setahun ke depan ini, keluar rumah harus memakai masker, usahakan untuk menghindari dari perkumpulan atau berdiam di tempat umum.


loading...