WHO Tak Bisa Pastikan Kapan Pandemi Corona Berakhir


[PORTAL-ISLAM.ID] JENEWA - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menegaskan fokus utama organisasi yang dipimpinnya adalah mengakhiri pandemi dan menyelamatkan nyawa.

Tedros mengungkapkan bahwa ada tren kenaikan yang mengkhawatirkan pada epidemi awal di beberapa bagian Afrika dan Amerika Tengah dan Selatan.

"Sebagian besar negara masih dalam tahap awal epidemi mereka dan beberapa yang terkena dampak awal pandemi mulai melihat kebangkitan dalam sejumlah kasus," ungkap Tedros kepada wartawan Jenewa dalam jumpa pers virtual, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (23/4/2020).

“Jangan salah, kita masih harus menempuh jalan panjang. Virus ini akan bersama kita untuk waktu yang lama,” katanya, seraya mencatat bahwa epidemi di Eropa Barat tampaknya menjadi stabil atau menurun.

Sementara itu pakar kedaruratan utama WHO, Dr. Mike Ryan, memperingatkan agar tidak terlalu cepat melakukan perjalanan global dengan mengatakan hal itu akan memerlukan manajemen risiko yang cermat.

Ia mencatat lonjakan infeksi di Afrika seperti peningkatan hampir 300 persen dalam kasus di Somalia dalam seminggu terakhir.

"Kita berada di awal pandemi di Afrika," ujar Ryan.

Para pejabat WHO mendesak semua negara untuk terus berinvestasi dalam kesiapsiagaan, dengan mengatakan bahwa hanya 76 persen yang memiliki sistem pengawasan untuk mendeteksi kasus virus Corona baru.

"Masih ada banyak celah di pertahanan dunia dan tidak ada satu pun negara yang memiliki segalanya," kata Tedros.

Prediksi Jokowi Corona Berakhir di Akhir Tahun

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan prediksi bahwa wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia akan selesai akhir tahun ini. Karena itu, Jokowi yakin sektor pariwisata akan kembali booming pada 2021.

"Saya meyakini ini hanya sampai akhir tahun. Tahun depan booming di pariwisata," kata Jokowi dalam pengantar rapat terbatas mitigasi dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kamis (16/4/2020).

Jokowi mengatakan selepas pandemi Corona ini berakhir, masyarakat pasti mempunyai keinginan untuk berlibur. Mereka ingin kembali menikmati keindahan alam Indonesia.

"Semua orang pengin keluar semua orang ingin menikmati kembali keindahan pariwisata sehingga optimisme itu yang harus terus diangkat," kata Jokowi seperti dilansir detikcom.

loading...