Sama-sama Bagi Sembako, Cara Anies Dipuji, Jokowi Malah Dikecam


[PORTAL-ISLAM.ID] Sama-sama bagi-bagi sembako saat wabah corona. Namun cara Gubernur Anies Baswedan dengan membagikan langsung ke rumah-rumah warga mendapat apresiasi, karena menghindarkan dari penumpukan atau berkumpulnya orang yang akan membahayakan penyebaran virus.

Sementara.. disisi lain Presiden Jokowi mendapat sorotan dan kecaman dari warganet saat membagi-bagikan sembako di jalanan kepada pengemudi ojol yang berkerumun.

Kebijakan Anies Bagikan Sembako Langsung Ke Rumah Warga Diapresiasi

JawaPos.com – Langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengeluarkan kebijakan memberikan bantuan sembako langsung kepada warga miskin dan rentan miskin diapresiasi banyak pihak. Bantuan ini didistribusikan lantaran kondisi perekonomian yang turun akibat mewabahnya virus Korona (Covid-19). Apalagi, Pemerintah DKI Jakarta mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai efektif pada Jumat (10/4).

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengapresiasi langkah yang dijalankan oleh orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut sebab mekanisme pendistribusian bantuan langsung dihantarkan ke rumah-rumah warga. “Saya apresiasi terhadap kebijakan Gubernur Anies kepada warga berupa bantuan sembako dan diantar langsung ke masyarakat, bukan berupa tunai diambil oleh penerima,” ujar Qodari, di Jakarta, Kamis (9/4).

Qodari menambahkan, mekanisme pendistribusian bantuan sembako yang akan dilakukan dengan melibatkan aparat kepolisian dan TNI dan juga melibatkan perangkat RT RW, dengan tetap memegang prinsip physical distancing, “Mekanisme ini memastikan ketersediaan pangan bagi penerima, tidak dibelikan barang yang lain,” urainya.

Qodari melanjutkan, fasilitas pembagian sembako yang dihantarkan kepada masyarakat di kawasan-kawasan padat dan masyarakat yang memiliki kebutuhan, masyarakat miskin dan rentan miskin, sehingga warga yang menerima bantuan bisa untuk tetap tinggal dirumah. “Warga penerima tetap tinggal di rumah dan tidak terjadi pengumpulan warga,” terangnya.

Selain itu, dalam situasi penerapan PSBB, dengan kebijakan tersebut diyakini alur ekonomi, pertanian, rantai makanan, kehidupan akan tetap berputar. “Semoga menjadi teladan bagi daerah lain,” pungkas Qodari.

Link: https://www.jawapos.com/jabodetabek/09/04/2020/kebijakan-anies-bagikan-sembako-langsung-ke-rumah-warga-diapresiasi/

SEMENTARA ITU...

Jokowi Bagikan 400 Paket Sembako ke Pengemudi Ojol di Pinggir Jalan

Presiden Joko Widodo membagikan sembako kepada para pengemudi ojek online di Jakarta, Kamis (9/4/2020) saat hendak pulang menuju Istana Bogor.

Dari video yang tersebar di media sosial, terlihat mobil berpelat nomor RI 1 yang ditumpangi Jokowi berhenti di pinggir jalan. Lalu sejumlah Pasukan Pengaman Presiden lantas membuka bagasi mobil tersebut.

Mereka lalu membagikan sembako kepada para pengemudi ojek online yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.

LANGKAH JOKOWI INI BANYAK DIKECAM...

"Benaran orang ini tidak sadar-sadar kalau yang dia kepalai adalah negara, bukan komunitas ontel. Persoalan pandemi yang kian hari kian meluas masih saja disikapi dengan cara-cara "warteg" yang sarat gimik dan idolistik. Cih!" ujar Denis Malhotra di twitter @denismalhotra.