[Corona Masuk RI] DULU: Itu Menghina! SEKARANG: Kenapa Baru Bilang? Ini Yang Goblok Siapa Ya?


YANG GOBLOK SIAPA YA???

[20 April 2020]
FKM UI Ungkap Corona Masuk RI Sejak Januari, Pemerintah: Kenapa Baru Bilang?

Jakarta - Tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menilai virus Corona diprediksi telah masuk ke Indonesia sejak minggu ke-3 Januari 2020. FKM UI menyebut hal itu didasarkan pada adanya laporan kasus penularan lokal di salah satu daerah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, dr Achmad Yurianto mengatakan dirinya tidak mengetahui atas temuan itu. Yuri menyebut dirinya tidak pernah diberi tahu perihal temuan dari Pakar FKM UI.

"Sebaiknya menanyakan ke UI, karena saya juga tidak pernah dikasih tahu jika memang mereka menemukannya. Pertanyaannya kenapa baru bilang sekarang tidak di saat mereka meyakini ada kasus yang masuk ke Indonesia," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, dr Achmad Yurianto, dilansir detikcom, Senin (20/4/2020).

https://news.detik.com/berita/d-4983197/fkm-ui-ungkap-corona-masuk-ri-sejak-januari-pemerintah-kenapa-baru-bilang

[11 Februari 2020]
'Harvard' Sebut Corona Seharusnya Sudah Masuk RI, Menkes: Itu Menghina

Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menanggapi hasil penelitian Harvard, yang menyebut harusnya virus Corona sudah masuk ke Indonesia. Terawan mengatakan peralatan yang digunakan Indonesia sudah sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).

"Itu namanya menghina itu. Wong peralatan kita, makanya kemarin di-fix-kan dengan duta besar Amerika. Kita menggunakan dari Amerika. Kitnya, kit boleh gunakan dari mana aja, tapi kita gunakan dari Amerika," ujar Terawan di Gedung Grand Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya, sebuah penelitian di Harvard University memprediksi harusnya penyebaran virus Corona telah masuk di Indonesia. Idenya adalah melihat keterkaitan antara volume penerbangan dari dan ke Wuhan dengan jumlah kasus di suatu negara. Para ilmuwan lalu membuat permodelan regresi linear sebagai prediksi tempat-tempat dengan potensi kasus 'underdetected'.

Dalam permodelan tersebut, Indonesia bersama dengan Kamboja yang saat penelitian dilakukan sama-sama berada belum memiliki kasus terkonfirmasi, di bawah interval prediksi 95 persen. Belakangan, Kamboja melaporkan satu kasus terkonfirmasi, sedangkan Indonesia masih tetap steril.

"Indonesia belum melaporkan adanya kasus, dan seharusnya Anda sudah menemukannya beberapa," kata salah seorang peneliti, Marc Lipsitch, Senin (10/2/2020).

https://news.detik.com/berita/d-4894445/harvard-sebut-corona-seharusnya-sudah-masuk-ri-menkes-itu-menghina
loading...