RADIKAL BANGET! Jepang Siapkan Mushala di Semua Jalan Tol


[PORTAL-ISLAM.ID] Jelang Olimpiade 2020 di Jepang, berbagai inovasi terus dilakulan negeri Sakura, di antaranya pembuatan mushala di semua jalan tol.

Sebelumnya Jepang sudah membuat Masjid Keliling dari sebuah kontainer yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa menjadi masjid dengan kapasitas 50 orang dalam ruang ber-AC lengkap dengan tempat untuk berwudlu.

Masjid keliling yang pertama dibuat di Jepang itu sudah diresmikan beberapa waktu lalu di luar halaman Stadion Tokyo, tempat gelaran sepakbola J-League, Prefektur Aichi yang juga merupakan markas besar perusahaan mobil yang mengoperasikan masjid bergerak ini.

Semua itu dilakukan untuk menyambut atlet-atlet peserta olimpiade dan pengunjung muslim dalam even internasional itu.

CEO Yasu Project atau kepala proyek masjid keliling Jepang, Yasuharu Inoue mengatakan masjid keliling itu dibuat untuk antisipasi kemungkinan daya tampung masjid di Jepang tidak memadai bagi pengunjung Muslim di Olimpiade 2020.

Ia khawatir pengunjung Muslim tidak bisa melakukan ibadah dengan nyaman di Jepang. Karena itu Masjid Keliling ini bisa pindah ke berbagai tempat sesuai kebutuhan.

Kini Jepang sebagai negara yang terbuka dan ramah dan omotenashi (berbagi sikap hidup orang Jepang) atau keramahan tanpa pamrih termasuk dengan orang-orang Muslim, telah menyiapkan ruangan khusus untuk sholat di semua tol dan semua jalan raya.

Di dalam ruang  itu juga disiapkan kompas sebagai alat untuk menentukan arah kiblat. Selain itu Jepang juga telah menyiapkan restoran yang menjual makanan halal. Bahkan ada pula ruang R&R (beristirahat dan relaksasi) yang menyebar di semua tol demi menyukseskan Olimpiade 2020.

Sumber: IDNTimes

Menanggapi berita ini, warganet pun berkomentar. 
loading...