MENATAP VISI DUA TOKOH


MENATAP VISI DUA TOKOH

Oleh: Alhadi Muhammad

Video 20 menit berikut (video dibawah) dengan nara sumber Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menjelaskan visi di acara ILC dengan tema MENATAP INDONESIA, Selasa (11/2/2020).

Agar obyektif menilai visi kedua tokoh tersebut, dibandingkan langsung dalam satu video, dengan menukil hal-hal pokok pemikiran. Beberapa frame tidak disertakan, karena penuh basa basi dan ini terjadi di kedua tokoh (Ganjar dan Anies).

Kesimpulan sementara:

Ganjar:
1. Mengedepankan visi demokrasi politik
2. Otonomi sebagai fundamental kemandirian

Anies:
1. Human Development atau Pengembangan Manusia dengan peningkatan pendidikan dan keluarga (kualitas manusia)
2. Pertumbuhan kawasan yang akan terjadi 30 tahun kedepan, lebih berorientasi ke wilayah perkotaan, sehingga terjadi urbanisasi. Dengan memperhatikan setting urban yaitu air, energi dan lingkungan.
3. Mobilisasi manusia, yang menjadi jembatan antara variabel manusia dan wilayah. Berfokus pada pengembangan moda transportasi publik.
4. Pengembangan karakter atau akhlak, sehingga menjadi mesin pembangunan yang kompeten.

Sebagai referensi untuk menjadi dasar kesimpulan, bahwa ciri-ciri negara maju adalah:
1. Angka Pengangguran Rendah
2. Pendapatan Per Kapita Tinggi
3. Laju Pertumbuhan Hidup Rendah
4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Semakin Cepat Dan Pesat
5. Industri Dan Jasa Menjadi Sektor Perekonomian Utama
6. Menghargai Waktu Dan Kesetaraan Gender Dijunjung Tinggi
7. Sistem Pendidikan Yang Baik

Dari 7 parameter ciri negara maju, kita dapat melihat gambaran kedua tokoh tersebut, mana yang paling mendekati agar Indonesia menjadi negara maju.

Memang harus dimaklumi, dalam waktu 10 menit (masing-masing) akan sulit menjelaskan secara keseluruhan. Tapi paling tidak dalam waktu yang singkat tersebut kita dapat membuat kesimpulan sederhana visi kedua tokoh tersebut.

Yang mesti ditekankan, tema nya adalah MENATAP INDONESIA. Menatap Indonesia tentu melihatnya sebagai sebuah negara.Sementara Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah. [Fb]

[Video]