Ini Lho Sejarahnya! Dulu Monas Sering Menggelar Event Balapan


[PORTAL-ISLAM.ID] Ajang balapan mobil listrik bergengsi dunia Formula E yang digagas Gubernur DKI Anies Baswedan, akhirnya diperbolehkan di area Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Dilansir gridoto, kawasan Monas sebagai arena balapan sejatinya kerap digunakan.

Jika melihat era 1990-an, ternyata penggunaan Monas sebagai venue event olahraga seperti balapan sebetulnya enggak aneh.

Balapan yang digelar pun bukan kelas receh, tapi kelas nasional yang dihadiri pembalap dari seluruh penjuru Indonesia.

Contohnya seperti event Pemuda Pancasila Indonesian Kart Race yang digelar pada Minggu, 20 Oktober 1991.

Urusan balapan Gokart, memang seringkali Monas dijadikan trek dadakan balapan yang kerap disebut 'formula kate' ini.

Enggak cuma tahun 1991, melihat data-data dari Tabloid OTOMOTIF edisi lawas, hampir setiap tahun monas dijadikan tempat balapan gokart.

Seperti pada artikel 'Pembibitan Tertahan Karena Tak Punya Lahan' yang dimuat di Tabloid OTOMOTIF edisi 18/III 6 September 1993, pembalap gokart sulit berkembang karena kurangnya lahan untuk berlatih.

Alhasil, Monas sempat dijadikan benteng terakhir pembibitan pembalap gokart setelah ditutupnya Sirkuit Ancol dan belum bisa latihan di Sirkuit Sentul.

Enggak cuma gokart, ada juga balapan road race dengan tajuk Space Synthetic Road Race di tahun 1995 yang sukses dibanjiri 320 starter.

Dokumentasi liputan Tabloid OTOMOTIF terkait Road Race di Monas (Dok. Tabloid OTOMOTIF)

Akankah Monas dikenal seperti dulu lagi dan terkenal sebagai venue balapan nasional bahkan hingga internasional? Ya kita lihat saja kelanjutannya...

[Trailer Formula E]
loading...