Hijab Menghalangi Asupan Vitamin D? Kedunguan Hakiki!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Benarkah Hijab Menghalangi Asupan Vitamin D?

Saat ramai muslimah mulai mengenakan hijab, kaum feminis malah getol membuat kampanye provokasi dengan menyebarkan tagar #nohijab. Alasan mereka, hijab dapat menghalangi tubuh untuk mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari. Apakah argumentasi itu bisa dibenarkan? Islamophobia tentu langsung mengangguk setuju, beramai-ramai mereka menghujat hijab. Tapi jika dicermati lebih lanjut, itu semua hanya logical fallacy, bentuk KESESATAN BERPIKIR.

Menyalahkan Hijab sebagai entitas yang dapat mengurangi penyerapan vitamin D oleh tubuh adalah sebuah KEDUNGUAN HAKIKI yang kontradiktif dengan ilmu pengetahuan terkini. Kenapa? Karena vitamin D tak cuma didapat dari sinar matahari, tapi juga banyak terkandung dalam makanan halal yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Makanan apa saja yang mengandung vitamin D? Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat DATA yang gue sertakan (gbr grafik).

Yuk, berpikir jernih. Apakah manusia yang tinggal di dekat kutub utara dan jarang menerima limpahan sinar matahari, otomatis kekurangan vitamin D? Allah SWT itu maha adil kawan. Dia menciptakan berbagai iklim di bumi dengan keunikannya tersendiri.

Di daerah tropis, matahari bersinar sepanjang tahun. Mau berbusana tertutup sekalipun, takkan mampu menghalangi sinar UV diserap oleh tubuh. Hingga membuat kulit kita menjadi coklat sawo matang. Bagaimana dengan manusia yang tinggal dibelahan bumi utara, apakah mereka menjadi sakit-sakitan karena kekurangan vitamin D? FAKTANYA, orang-orang yang tinggal di Finlandia, Islandia, Norwegia, Alaska bahkan Siberia memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibanding orang Indonesia. Walau tak mendapat limpahan sinar matahari seperti di Negara tropis, namun asupan vitamin D mereka dapatkan lewat makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, seperti ikan salmon dan tuna.



Semoga penjelasan singkat ini bisa sedikit membuka pikiran para islamophobia. Silahkan saja kalian bertelanjang ria layaknya kera, namun hargai juga para muslimah yang ingin menutup aurat karena menjalankan perintah agama. Hanya dengan begitu harmoni tercipta, memberi warna pada dunia. (BZH)

___
*Ref:
Berbagai Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D
https://www.alodokter.com/berbagai-jenis-makanan-yang-mengandung-vitamin-d

Vitamin D: A Key Player in Bone Health, Sports Performance, & Recovery
https://blog.bridgeathletic.com/vitamin-d-a-key-player-in-bone-health-sports-performance-recovery
loading...