DPRD Gelar Rapimgab Pemilihan Wagub DKI Jakarta Hari Ini


[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno direncanakan digelar hari ini, Selasa (11/2/2020). Pelaksanaan Rapimgab Wagub DKI beberapa kali sempat diundur.

"Pengesahan tata tertib, dua-duanya (tatib dewan dan cawagub), Rabu baru paripurna," kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (10/2/2020).

Dia menjelaskan berdasarkan evaluasi dari Menteri Dalam Negeri, pengesahan tatib pemilihan Wagub DKI harus bersamaan dengan pengesahan tatib dewan periode 2019-2024.

Karena hal itu, Taufik menyebut, tak perlu adanya pembentukan panitia khusus atau pansus Cawagub DKI.

Taufik juga menyebut, seharusnya Rapimgab pemilihan Wagub DKI dilaksanakan pada Selasa, 4 Februari 2020 lalu. Akan tetapi karena ada alasan tertentu, rapat tersebut ditunda.

"Soalnya Pak Ketua (Ketua DPRD DKI) sedang sakit. Kalau Rapimgab kan harus dipimpin oleh Pak Ketua," ucapnya, Kamis (6/2/2020).

Sodorkan 2 Kandidat

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah menyerahkan dua nama calon Wagub DKI Jakarta ke pihak DPRD DKI, yakni Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS. Kedua kandidat itu juga sudah berkunjung ke tiap fraksi di DPRD DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah menyerahkan surat usulan dua nama calon wakil gubernur ke DPRD DKI Jakarta.

"Surat dari partai pengusung sudah kami terima kemarin. Lalu kemarin sore juga, surat dari Gubernur DKI Jakarta kepada DPRD sudah diantarkan," kata Anies di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta Selatan, Rabu 22 Januari 2020.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengharapkan kedua nama baru tersebut dapat segera diproses oleh DPRD DKI."Kami berharap dalam waktu yang tidak lama lagi dewan akan membahas," jelasnya.

Sumber: Liputan6

loading...