Corona Membuka Fakta TKA


Corona Membuka Fakta TKA

Dinas kesehatan Bekasi ingin melakukan pemeriksaan di kawasan Meikarta menyangkut wabah isu Corona. Keberadaan TKA asal China membuat Dinas Kesehatan perlu memeriksa TKA China di proyek pembangunan Meikarta.

Dinas Kesehatan telah mengirimkan surat pemberitahuan sebagai langkah SOP-nya.

Saat pertemuan yang ikut dihadiri Polres Bekasi, Kodim Bekasi, Disnaker, Imigrasi dan salah satu anggota dewan DPRD Bekasi. Ditemukan fakta yang buat kaget.

Dalam laporannya, pengelola Meikarta mengatakan hanya memperkerjakan 7 orang TKA China. Namun dalam dokumen negara, keberadaan TKA China di proyek Meikarta berjumlah 260 orang.

Namun fakta yang ditemukan dalam sidak, ada jumlah yang sangat besar dalam keberadaannya.

Salah satu anggota DPRD yang mengikuti sidak mengatakan, bahwa ada kebohongan data TKA yang dilakukan pengembang Meikarta.

Saat ini Meikarta sedang membangun 15 Tower. 1 tower mempekerjakan 100-200 TKA china. Dengan data itu, diperkirakan ada 2000-3000 TKA china di pembangunan Meikarta.

“Pihak Lippo Cikarang diduga berbohong dengan sajian data yang disampaikan.." kata Anggota DPRD bekasi, Budiyanto dalam pernyataannya.

Saling melempar kesalahan terjadi, pihak pengelola Meikarta tidak mau disalahkan, mereka melempar kesalahan pada pihak ke-3 yang menyalurkan Tenaga Kerja Asing dan bertanggung jawab pada pengerjaan proyek, PT. China Contruction.

Dinas kesehatan bersama tim yang ikut hadir melakukan sidak ke bedeng-bedeng yang ada di proyek Meikarta dimana menjadi tempat tinggal sementara para TKA. Dan yang ditemukan hanya berjumlah 100-an. sisanya diduga bersembunyi di Hotel-hotel dan perumahan-perumahan yang tersebar di Lippo Cikarang dan Deltamas.

Ada kesedihan diperlihatkan pada tim sidak atas temuan yang mereka dapatkan. Sidak mereka lakukan untuk memeriksa kesehatan para TKA, namun tidak semua TKA dihadirkan untuk diperiksa.

Hal ini bisa dikatakan pihak pengelola Meikarta tidak kooperatif menjalankan instruksi yang telah mereka kirimkan sebelumnya, agar mengumpulkan seluruh pekerja TKA yang ada.

Pengelola TKA beserta pimpronya, tidak menanggapi kegaduhan dan keresahan masyarakat atas wabah corona ini. Dengan banyaknya TKA asal china disana, merekalah suspect yang kemungkinan besar membawa corona. Ketidak hadiran mereka, menandakan ada yang disembunyikan.

Atas temuan ini, pemda Bekasi diharapkan segera memberlakukan pemeriksaan secara menyeluruh atas keberadaan TKA China di Meikarta. Dengan jumlah yang diperkirakan mencapai 3000-an, sudah menyalahi data yang dicatatkan. Kuat dugaan ada tindakan ilegal dalam mendatangkan TKA asing diproyek Meikarta. Ada TKA yang tidak kantongi izin kerja.

Satu pertanyaan, jika tidak ada izin kerja..bagaimana mereka masuk ke Indonesia?

Apakah ada karpet merah yang melegalkan keberadaan mereka walau tanpa dokumen yang sah?

Luar biasa, setitik demi setitik noda itu mulai diperlihatkan. Dari corona, sudah membuka semua fakta. Dan ini baru 1 lokasinya, bagaimana lokasi lainnya?

Cuma bisa berpikir tanpa mampu untuk ikut menindaknya.

Diduga Ada Ribuan TKA China Ilegal di Meikarta, Terbongkar Saat Cek Kasus Virus Corona
https://wartakota.tribunnews.com/2020/02/10/breaking-news-diduga-ada-ribuan-tka-china-ilegal-di-meikarta-terbongkar-saat-cek-kasus-virus-corona

[By Setiawan Budi]

loading...