Viral Video Ricuh Penggusuran di Bandung, Andai Gubernurnya Anies Pasti Langsung Gosong


[PORTAL-ISLAM.ID]  Bandung - Penggusuran permukiman di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, Kamis, 12 Desember 2019, diwarnai bentrokan antara masyarakat dengan aparat keamanan. Buntut bentrokan tersebut, kepolisian menangkap sejumlah orang yang merupakan masyarakat yang bersimpati terhadap korban gusuran.

Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan masyarakat yang bersolidaritas terhadap warga korban gusuran. Penembakan gas air mata itu dilakukan setelah sebelumnya masyarakat terlibat bentrok dengan aparat keamanan.

Pantauan Tempo, kerusuhan di lokasi penggusuran itu bermula saat masyarakat hendak mengadang backhoe yang telah siaga di area pemukiman yang tersisa. Warga terus melawan dengan cara memaksa mundur personel Satpol PP.

Tak lama berselang, perlawanan tersebut berubah menjadi perang batu. Lemparan batu yang dilakukan warga dibalas oleh sejumlah aparat Satpol PP. Bentrokan pun menjalar hingga ke arah Mal Balubur Town Square. Sejumlah aparat kepolisian mengejar warga yang berlarian ke arah mall.

Seorang warga yang bersolidaritas, Nanang, menyebutkan, ada sejumlah teman-temannya yang ditangkap polisi. Bahkan, berdasarkan video rekaman masyarakat yang beredar, sejumlah orang mendapat aksi kekerasan dari aparat berseragam polisi. "Anak-anak dipaksa bubar. Beberapa orang ditangkap," kata Nanang.

Polisi pun sempat melemparkan gas air mata ke arah masyarakat yang mencoba menghadang. Tembakan gas air mata tersebut jatuh di dekat tempat pengungsian sementara bagi warga korban gusuran, di Masjid Al-Islam.

Kuasa hukum warga dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung Rifki Zulfikar mengatakan pihaknya masih mendata berapa orang yang ditangkap oleh polisi. "Kami masih kumpulkan data dari teman-teman di lapangan," ucap Zulfikar.

Sumber: Tempo

***

Viral video saat penggusuran

Di sosial media viral video saat terjadinya penggusuran dimana ada warga yang mendapat kekerasan dari aparat.

"Ini udah bukan lagi penggusuran, tapi pembantaian! Polisi anjing!!!" kata akun @galeshka yang memposting video di twitter.

"Buset! 😱😱😱😱
Separah2nya Jakarta aja keknya blm pernah menyaksikan yang gitu ...
Ini Tamansari kan?

Gua punya kecurigaan kalau penggusuran paksa di luar Jakarta justru jauh lebih sadis, jauh dari pemberitaan, dan "tanpa masa depan" dibanding Jkt. 😭," ujar aktivis Jakarta, @elisa_jkt.

"Andai Anies gubernur jabar sudah rame nih," timpal @KataNetizen.

[Video]