Partai Adalah Industri Pemikiran


AKP adalah partai arah baru Turki bentukan Erdogan yang didirikan oleh sebagian kader Fazilet Partisi penerus partai Refah sebelumnya, partai gurunya Erdogan. AKP telah berjaya hampir 4 periode (2001-2019) membawa Turki menjadi negara yang semakin kuat.

Kemudian saat ini sebagian kadernya membuat partai baru, Gelecek Partisi, yang juga diklaim sebagai partai masa depan Turki.

Dan it doesn't matter for Erdogan dan AKP. Karena partai adalah pasar ide. Yang cocok silahkan masuk, klo belum cocok silahkan masih banyak pilihan lain.

Kedewasaan para elite menjadi contoh bagi followersnya. Bukti bahwa pemikiran akan terus bergerak menghadapi realita zaman, tak elok bila ada yang hendak membonsainya di era demokrasi ini. Toh partai politik cuma sebuah alat, bukan tujuan apalagi mesti diperlakukan layaknya agama yang dibela mati-matian.

Partai politik adalah kumpulan orang yang punya cita-cita besar buat negaranya, bukan sekedar tempat ngumpul eksklusif buat indah-indahan atau rindu-rinduan. Ia terus bergerak menawarkan gagasan-gagasanya ke khalayak masyarakat untuk menciptakan kolaborasi yang progresif demi kemajuan bangsanya.


O ya yang difoto ini adalah Ahmet Davutoğlu yang merupakan Perdana Menteri Turki dan Ketua Umum AKP dari Agustus 2014 hingga Mei 2016. Beliau sekarang menahkodai partai barunya yang dideklarasikan 13 Desember 2019, Gelecek Partisi (The Future Party/Partai Masa Depan).

-By Tomy Octavian-

Baca juga :