Nota Keberatan Dr Abdul Chair Terkait Acara Dialog 'Kepulangan Habib Rizieq' Di tvOne


NOTA KEBERATAN

Nota Keberatan ini ditujukan kepada :

1. TV One (Kabar Petang) dalam acara dialog tentang "Kepulangan Habib Rizieq".

2. Agus Maftuh Abegebriel (Dubes RI untuk Arab Saudi).

Disampaikan sebagai berikut:

1. Acara Kabar Petang (Kamis, 12 Desember 2019) yang semula sudah dikondisikan sebagai narsum adalah saya (Dr. H. Abdul Chair Ramadhan, S.H., M.H., selaku Jubir IB-HRS) dan Agus Maftuh Abegebriel (Selaku Dubes RI untuk Arab Saudi). Namun ternyata, pada waktu yang telah ditentukan dan disepakati ternyata hanya saya seorang, sedangkan Agus  Maftuh tidak jadi tampil.

2. Dubes Agus Maftuh curang, setelah saya bicara baru dia muncul bicara panjang lebar. Dengan pernyataannya yang tidak sesuai dengan fakta. Adapun saya hanya berkesempatan bicara dengan durasi beberapa menit. Dengan seenaknya dia bicara sendirian tanpa ada konfrontir dengan saya.

3. Seharusnya, dialog tersebut dilakukan secara berimbang. Masing-masing pihak dalam satu kesempatan waktu yang sama. Dengan demikian, saya selaku Jubir IB-HRS merasa dirugikan dengan adanya ketidakadilan dalam acara a quo. Menjadi pertanyaan, mengapa pihak TV One tidak kembali menghubungi saya? Hubungan by phone seharusnya bisa dilakukan seperti yang dilakukan Agus Maftuh, mengapa hal ini tidak dilakukan.

4. IB-HRS secara tidak langsung  juga dirugikan dengan tayangan yang tidak berimbang dalam hal kesempatan yang sama dan durasi waktu yang berbeda. Publik tidak mendapatkan informasi yang berimbang dari kedua belah pihak.

5. Kami mencurigai diputusnya dialog saya dan kemudian Agus Maftuh tiba-tiba muncul dalam acara a quo adalah bentuk kesengajaan guna menghindar dan mengambil keuntungan tanpa adanya lawan debat.

Berdasarkan hal-hal tersebut, kami meminta pihak TV One untuk kembali menjadwalkan dialog antara Jubir IB-HRS dengan Agus Maftuh Abegebriel, tanpa adanya pihak (Narsum) lain dalam tempo waktu yang sesingkat-singkatnya.

Demikian Nota Keberatan ini dibuat, untuk menjadi perhatian.

Depok, 12 Desember 2019.

Dr. H. Abdul Chair Ramadhan, S.H., M.H.
(Selaku Jubir IB-HRS)

[Video - tvOne]