Kolaborasi Turki, Malaysia, Qatar Dapat Menjadi Kekuatan Keuangan Islam Dunia


[PORTAL-ISLAM.ID] ISTANBUL - Sektor keuangan Islam yang sedang berkembang siap untuk berakar di daerah baru melalui Turki, Malaysia dan Qatar. Sektor ini siap untuk dibawa ke level berikutnya, menurut tokoh terkemuka Qatar dalam bidang keuangan.

Berbicara kepada kantor berita Turki Anadolu Agency dalam sebuah wawancara eksklusif, CEO Qatar Financial Center Yousuf Al-Jaida mengatakan Malaysia dapat bertindak sebagai pintu gerbang bagi keuangan Islam ke Asia, Turki ke Eropa dan Qatar ke Timur Tengah dan Afrika.

Dia menekankan bahwa Malaysia siap dengan kerangka hukum untuk memfasilitasi sektor ini, serta produk-produk seperti Sukuk – nota tanpa bunga. Qatar, dan Turki perlu meningkatkan dan melakukan lebih banyak untuk sektor ini, yang harus dirintis oleh negara-negara Muslim.

Ia menekankan bahwa Doha dan Ankara perlu melangkah dan melakukan lebih banyak. Al-Jaida mengatakan, ketiga negara ini dapat membentuk platform besar untuk berbagi pengalaman, teknologi, dan pengetahuan di bidang 2,4 triliun USD.

“Saya pikir kita dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar luar biasa dan menakjubkan untuk industri ini,” kata Al-Jaida, seraya menambahkan bahwa keuangan Islam kini tumbuh pada kecepatan yang bahkan lebih cepat daripada keuangan tradisional atau konvensional.

CEO tersebut menyoroti beberapa bidang potensial baru untuk keuangan Islam, seperti teknologi keuangan Islam, reasuransi Islam dan manajemen aset Islam.

“Saya pikir kami memiliki masa depan yang sangat cerah dan cemerlang, tetapi ada banyak pekerjaan yang perlu dilakukan,” katanya.

Dengan meningkatnya masalah ekonomi di seluruh dunia, Al-Jaida mengatakan keuangan Islam bisa menjadi panutan bagi ekonomi dunia.

Pusat Keuangan Istanbul

Menyangkut proyek Pusat Keuangan Istanbul Turki, yang diharapkan akan selesai pada tahun 2022, Al-Jaida menyatakan optimisme akan potensi proyek tersebut.

“Kami telah berbicara dengan Malaysia dan Pusat Keuangan Istanbul, mudah-mudahan kami akan segera menandatangani MoU yang sangat penting,” katanya.

Pusat Keuangan Istanbul berada di lokasi strategis antara negara-negara Eropa dan Muslim diharapkan untuk menjadi pusat sektor keuangan non-bank.

Al-Jaida mendesak Turki untuk bekerja sama dengan Qatar dan Malaysia untuk menetapkan keuangan Islam sebagai sektor yang sukses di negara itu.

Investasi Qatar di Turki

“Turki adalah negara besar. Ini pasar yang sangat penting. Ini dibuka dengan sangat baik dalam hal investasi langsung asing,” tegas Al-Jaida.

Dia menyinggung investasi Qatar di Turki dan menekankan bahwa Qatar telah berkomitmen 10 miliar USD pada saat ini, dan bahwa 35% dari ini telah diinvestasikan.

Turki harus melakukan reformasi hukum untuk menarik lebih banyak investasi asing langsung, katanya, menambahkan: “Tapi tidak ada keraguan, pasar Turki sangat menarik.”

Negara Teluk Qatar yang kaya hidrokarbon saat ini berinvestasi di sektor perbankan, real estat, dan kesehatan di Turki.

“Investasi akan mengikuti hubungan politik yang sehat dan hubungan kami dengan Turki sudah sejak ratusan tahun yang lalu.” [Anadolu Agency]
Baca juga :