Memanfaatkan Anies Sebagai Brand Politik Partai Nasdem

Foto : Twitter Partai Nasdem @NasDem

[PORTAL-ISLAM.ID] Dosen Komunikasi Politik Universitas Gajah Mada, Nyarwi Ahmad menilai, panggung yang diberikan Partai Nasdem kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam pembukaan Kongres II Jumat malam, 8 November 2019, memang sangat istimewa.

Sebab, selain mengundang Anies sebagai gubernur, deklarator ormas Nasdem, juga terkesan ada manfaat yang akan diproyeksikan partai besutan Surya Paloh itu.

"Branding politik Anies yang selama ini dikenal sebagai sosok politisi yang didukung oleh parpol-parpol seperti Gerindra yang pernah berada di luar Koalisi Pemerintahan Jokowi, dan juga PKS, yang masih berada di luar blok koalisi Pemerintahan Jokowi, masih memiliki medan magnet yang cukup kuat," kata Nyarwi kepada wartawan, Sabtu, 9 November 2019.

Nyarwi berpendapat, Partai Nasdem ingin memperkuat branding Anies, bukan cuma sebagai Gubernur DKI saja, tetapi tokoh nasional.

Selanjutnya, menurut dia, Paloh juga akan menjadikan sosok Anies sebagai proxy re and co branding politik Partai Nasdem. "Memanfaatkan Anies sebagai salah satu brand politik Partai Nasdem," ujarnya.

Menurut Nyarwi, panggung istimewa diberikan ke Anies, merupakan bukti Paloh mampu melihat peluang, untuk mengkapitalisasi dan menaikkan visibilitas mantan Mendikbud itu dalam panggung politik nasional.

"Nasdem tampaknya sangat menyadari betul, masuknya Gerindra (sebagai parpol yang pernah usung Anies dalam Pilkada DKI 2017 lalu) ke blok Koalisi Pemerintahan Jokowi menjadikan branding politik Anies, kian terpisah dengan Partai Gerindra dan Prabowo," ujarnya, seperti dilansir Vivanews.

loading...
Loading...